Analisis Penjadwalan Produksi dalam Penentuan Waktu Penyelesaian Produksi Pada CV. Sheilla Advertising.

Nurhidayati, Dewi Shinta and Jaenudin, Jaenudin and Ramdani, Sri Hidajati (2018) Analisis Penjadwalan Produksi dalam Penentuan Waktu Penyelesaian Produksi Pada CV. Sheilla Advertising. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI (9).pdf

Download (1MB)

Abstract

DEWI SHINTA NURHIDAYATI, 021114425, Fakultas Ekonomi, Manajemen Operasional, Universitas Pakuan, Analisis Penjadwalan Produksi dalam Penentuan Waktu Penyelesaian Produksi Pada CV. Sheilla Advertising. JAENUDIN dan SRI HIDAJATI RAMDANI, 2018. CV. Sheilla Advertising merupakan perusahaan yang berfokus pada bidang promosi perusahaan atau pada bidang periklanan dan jasa pengurusan pajak. Jenis periklanan yang diproduksi oleh CV. Sheilla Advertising yaitu seperti baliho, minibillboard, shop sign, neon box, listplang, dan painting. Di dalam penyelesaian setiap pesanan yang diterima, CV. Sheilla menggunakan metode FCFS (first come first served) yang artinya pekerjaan yang pertama kali datang maka itulah yang pertama kali dikerjakan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan metode sequencing dalam kegiatan penjadwalan produksi pada CV. Sheilla Advertising. Penelitian ini mengenai analisis penjadwalan produksi reklame dalam penentuan waktu penyelesaian produksi pada CV. Sheilla Advertising bersifat deskriptif, data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan observasi langsung ke perusahaan, dan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan atau literature. Metode yang digunakan yaitu metode sequencing yang terdiri dari empat aturan prioritas yaitu, FCFS (first come first served), SPT (shortest processing time), EDD (earliest due date), dan LPT (long processing time) untuk menjelaskan dan mempertimbangkan penggunaan dari metode sequencing sehingga perusahaan dapat menentukan aturan prioritas mana yang dapat meminimalisir waktu penyelesaian produksi, jumlah pekerja dan keterlambatan serta kerugian yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Berdasarkan penelitian tehadap tiga produk yang diproduksi CV. Sheilla advertising yaitu baliho, minibillboard, dan listplang & neon box diketahui bahwa penggunaan metode sequencing dengan empat aturan prioritas, ketiga jenis reklame yang diteliti sebaiknya menggunakan aturan prioritas SPT (shortest processing time). Karena dibandingkan dengan tiga aturan prioritas yang lain, penggunaan aturan prioritas SPT menunjukan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan yang lain dan rata-rata keterlambatan pekerjaan yang dihasilkan lebih kecil. Maka dari itu penggunaan aturan prioritas FCFS (first come first served) yang digunakan oleh CV. Sheilla Advertising belum cukup baik. Kata kunci : Penjadwalan Produksi, Metode Sequencing, FCFS, SPT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen operasi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:31
Last Modified: 12 Sep 2022 07:31
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4912

Actions (login required)

View Item View Item