Analisis Kualitas Pelayana terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Kota Bogor.

Wulandari, Retno Dewi and Zaini, Oktori Kiswati and Ramdani, Sri Hidajati (2018) Analisis Kualitas Pelayana terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
021114233-Retno Dewi- SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

RETNO DEWI WULANDARI. 021114233. “Analisis Kualitas Pelayana terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Kota Bogor. Dibawah bimbingan Ibu OKTORI KISWATI ZAINI dan Ibu SRI HIDAJATI RAMDANI. Tahun 2018. Dengan adanya jenis rumah sakit swasta ataupun negeri persaingan antara rumah sakit tersebut dituntut untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya demi mencapai kepuasan pada pasien. RSUD Kota Bogor kurang memberikan pelayanan yang maksimal dan masih terdapat keluhan yang menigkat dari pasien rawat jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan RSUD Kota Bogor. Penelitian mengenai kualitas pelayanan dan kepuasan pasien yang dilakukan pada RSUD Kota Bogor dengan menggunakan data primer dan sekunder dengan jumlah responden 100 orang, metode penarikan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan Accidential sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, tingkat kesesuaian dan Importance Performance Analysis (IPA) menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan RSUD Kota Bogor pasien setuju atau pelayanan yang diberikan sudah baik dari seluruh penilaian yang diberikan oleh pasien rawat jalan dari setiap atribut yang diberikan. Pasien rawat jalan belum puas dengan kinerja yang diberikan dengan nilai tingkat kesesuaian antara kinerja dan harapan pasien rawat jalan pada RSUD Kota Bogor sebesar 99,98% yang menunjukkan bahwa pasien belum puas atas kinerja yang diberikan RSUD Kota Bogor. Hasil dari diagram kartesius menunjukkan bahwa RSUD Kota Bogor perlu mengutamakan pelaksanaan pada indikator empati yaitu petugas baik medis dan non medis Rumah Sakit memberikan pelayanan tanpa memandang status pasien karena dianggap tidak dilaksanakan dengan baik oleh RSUD Kota Bogor. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Tki, Importance Performance Analysis (IPA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:48
Last Modified: 12 Sep 2022 07:48
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4927

Actions (login required)

View Item View Item