Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio (Studi pada Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan)

Supriatna, Usep and Zaini, Oktori Kiswati and Farradia, Yuary (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio (Studi pada Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI (26).pdf

Download (2MB)

Abstract

USEP SUPRIATNA, 021114311. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio (Studi pada Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan). Dibawah bimbingan Ibu OKTORI KISWATI ZAINI dan Ibu YUARY FARRADIA. Tahun 2018. Tingkat persaingan dunia perdagangan di Indonesia sangat ketat, sehingga perusahaan senantiasa berusaha untuk dapat meningkatkan pangsa pasar dan meraih konsumen baru. Dengan beragamnya kebutuhan masyarakat akan alat transportasi pun membuat produsen sepeda motor terus berinovasi hingga akhirnya lahir jenis sepeda motor bertransmisi otomatis yang kemudian dikenal dengan skuter matik khususnya sepeda motor yamaha mio. Persaingan yang meningkat mengakibatkan penurunan pada jumlah penjualan unit sepeda motor khususnya yamaha akan tetapi pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada tahun 2017 mengalami peningkatan. Perusahaan harus mengetahui secara mendalam faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sehingga dapat mengetahui seperti apa yang konsumen inginkan dan butuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio di program studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif eksploratif dengan metode berupa studi kasus dan dengan jenis data penelitian adalah data kualitatif yang merupakan data primer dan data sekunder dimana metode pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dimana responden merupakan mahasiswa S1 manajemen FE Unpak. Metode penarikan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik stratified Random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reabilitas dan tabulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio di prodi S1 manajemen FE Unpak adalah faktor pribadi dan psikologis. Dari hasil tabulasi untuk faktor pribadi yang paling dominan adalah indikator situasi ekonomi dengan pernyataan bahwa harga mempengaruhi dalam pembelian sepeda motor Yamaha Mio dan untuk faktor psikologis yang paling dominan adalah indikator kepercayaan dan sikap dengan pernyataan merasa puas setelah membeli sepeda motor Yamaha Mio. Kata kunci: Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:37
Last Modified: 12 Sep 2022 07:37
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4934

Actions (login required)

View Item View Item