Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Restoran Pawon

Mertania, Vera and Herdiyana, Herdiyana and Yudha, Aditya Prima (2018) Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Restoran Pawon. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI VERA.pdf

Download (3MB)

Abstract

VERA MERTANIA. NPM 021114350. Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Restoran Pawon Bogor). Dibawah bimbingan Bapak HERDIYANA dan Bapak ADITYA PRIMA YUDHA. Tahun 2018. Makan di luar rumah, saat ini bukan lagi sekedar tuntutan dari gaya hidup masyarakat perkotaan. Dengan alasan lebih praktis dan efisien, makan di luar rumah menjadi solusi para pekerja yang mobilitasnya lebih banyak menghabiskan waktunya di luar rumah. Namun, kini makan di luar bukan semata alasan karena tidak sempat memasak atau tidak bisa pulang di jam istirahat. Tetapi sudah jadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Umumnya masyarakat saat ini memiliki aktivitas kerja yang tinggi, kegiatan tersebut berdampak pada semakin banyak orang menghabiskan waktunya di luar rumah karena banyaknya kegiatan, khususnya kalangan pelajar, mahasiswa dan karyawan yang sebagian besar dari mereka lebih suka makan langsung dan mencari jenis makanan cepat saji dengan harga yang murah dan memiliki citra rasa yang enak dan berkualitas. Hal tersebut menyebabkan bermunculan usaha kuliner, salah satunya yaitu Restoran Pawon Bogor. Di dalam menentukan keberhasilan suatu usaha dan pengaruh kepuasan konsumen terhadap keuntungan, Restoran Pawon Bogor dituntut untuk lebih meningkatkan kualitas produk makanannya agar dapat membuat konsumen puas dan juga dapat meningkatkan jumlah pelanggan. Setiap restoran harus bisa menciptakan kualitas produk dan pelayanan yang sebaik mungkin untuk dapat memuaskan dan memenuhi harapan para konsumen sehingga mampu memperoleh pangsa pasar yang semakin luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen pada Restoran Pawon Bogor. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder,penentuan sampel dengan menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah responden 340 responden. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, korelasi spearman rank, uji hipotesis koefisien korelasi, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis korelasi Spearman Rank dapat diketahui korelasi antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen yaitu sebesar 0,634. Karena nilai koefisien berada pada rentang 0,60 – 0,799 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumen Restoran Pawon Bogor adalah kuat. Berdasarkan uji hipotesis koefisien korelasi dapat diketahui bahwa nilai Z hitung (11,74) > Z tabel (1,645) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan positif antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen Restoran Pawon Bogor. Kata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:48
Last Modified: 12 Sep 2022 07:48
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4986

Actions (login required)

View Item View Item