PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATH) UNTUK MELATIH SYSTEM THINKING PADA MATERI ENERGI Skripsi Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

Meliana, Windy and Rubini, Bibin and Ardiyanto, Didit (2018) PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATH) UNTUK MELATIH SYSTEM THINKING PADA MATERI ENERGI Skripsi Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 B.BIO Windy Meliana.pdf

Download (136kB)

Abstract

WINDY MELIANA. 036114034. Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Math) untuk Melatih System Thinking pada Materi Energi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. H. Bibin Rubini, M.Pd dan Didit Ardianto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran STEM untuk melatih system thinking siswa pada materi energi. Sebanyak 14 orang siswa terlibat sebagai sampel dalam metode penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi untuk mengetahui karakteristik pembelajaran IPA berbasis STEM, tes uraian yang digunakan untuk mengukur system thinking, dibuat mengacu pada 6 indikator system thinking dan daftar pertanyaan wawancara untuk mengetahui respon siswa, setelah melalui pembelajaran IPA berbasis STEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pembelajaran IPA berbasis STEM bersifat kontekstual, student-centered, dapat melatih system thinking siswa, menyenangkan serta memudahkan siswa dalam mempelajari konsep IPA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa system thinking siswa dapat dilatih melalui pembelajaran IPA berbasis STEM, ditunjukan dengan peningkatan system thinking siswa dari sebelum dan setelah pembelajaran. Rekomendasi untuk penelitian lanjutan mengenai pembelajaran IPA berbasis STEM sebaiknya guru lebih memperhatikan stimulus yang diberikan sesuai dengan jenjang pemahaman siswa. Instrumen system thinking yang akan digunakan pun perlu pengkajian lebih dari berbagai sumber agar dapat mengukur keterampilan system thinking dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran IPA, STEM, System Thinking

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:57
Last Modified: 14 Sep 2022 07:57
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5031

Actions (login required)

View Item View Item