PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bambu Kuning Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Dewi, Oktavia Mulya and Patras, Yuyun Elizabeth and Suchyadi, Yudhie (2017) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bambu Kuning Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2017 PGSD OKTAVIA MULYA DEWI.pdf

Download (141kB)

Abstract

Oktavia Mulya Dewi, NPM. 037113339. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kela V di Sekolah Dasar Negeri Bambu Kuning Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2017.Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan Kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V melalui penerapan metode demonstrasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Bambu Kuning kelas V yang terdiri dari 27 siswa, dengan jumlah laki-laki 13 siswa dan perempuan 14 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017.Penelitian ini dilakukan dua siklus, pada siklus I memperoleh rata-rata kualitas proses pembelajaran sebesar 83 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 89. Begitu juga dengan observasi perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan dengan perolehan nilai pada siklus I yaitu 79, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai 86. Sedangkan pada ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 59,26% dengan rata-rata 62 dan pada siklus II memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 85,20% dengan nilai rata-rata 76.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Negeri Bambu Kuning kelas V Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Selain itu, metode demonstrasi dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Metode Demonstrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:59
Last Modified: 14 Sep 2022 07:54
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5038

Actions (login required)

View Item View Item