ANALISIS SEQUENTIAL EXPLANATORY PERILAKU SISWA DALAM MENJAGA KEARIFAN LOKAL DITINJAU DARI MORAL LINGKUNGAN Skripsi Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

Wachsin, Arbina Gemah and Retnowati, Rita and Sutjihati, Susi (2018) ANALISIS SEQUENTIAL EXPLANATORY PERILAKU SISWA DALAM MENJAGA KEARIFAN LOKAL DITINJAU DARI MORAL LINGKUNGAN Skripsi Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 P.BIO Gemah Arbina Wachsin.pdf

Download (92kB)

Abstract

Gemah Arbina Wachsin 03611432. Analisis Sequential Explanatory Perilaku Siswa Dalam Menjaga Kearifan Lokal Ditinjau Dari Moral Lingkungan. Skripsi. Universitas Pakuan, Bogor. Dibawah bimbingan Dr. Rita Retnowati, M.S dan Dra. Susi Sutjihati M.Si. Penelitian ini kombinasi sequential explanatory dengan metode penelitian korelasi. Variabel penelitian terdiri dari moral lingkungan sebagai variabel bebas (independen variable) dan perilaku siswa dalam menjaga kearifan lokal sebagai variabel terikat (dependen variable). Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan antara moral lingkungan dengan perilaku siswa dalam menjaga kearifan lokal. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai Oktober 2018. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen non test untuk variabel bebas dan vaiabel terikat. Instrument penelitian diuji validasinya dengan menggunakan rumus Product Moment Pearson dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah siswa SMA Negeri I Dramaga Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor sebanyak 140 responden. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Hasil pegujian prasyarat berupa uji normalitas Liliefors untuk variabel X dan Y menunjukan sampel berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Bartlett menunjukkan populasi berdistribusi homogen. Pengujian hipotesis kuantitatif menggunakan uji korelasi dengan rumus Product Moment Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat rendah antara perilaku siswa dalam menjaga kearifan lokal ditinjau dari moral lingkungan dengan persamaan regresi Ŷ = 62,806 + 0,1318x. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,111 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 1,2%. Teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan reduksi data, analisis dalam situs, analisis antar situs. Hasil penelitian kualitatif didapatkan faktor lain yang diduga mampu mempengaruhi perilaku siswa dalam menjaga kearifan lokal diantaranya pengetahuan siswa, pembiasaan, kesadaran diri, sosialisasi dan dukungan dari sekolah. Kata Kunci : Moral Lingkungan, Perilaku Siswa Dalam Menjaga Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:05
Last Modified: 14 Sep 2022 07:52
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5051

Actions (login required)

View Item View Item