MANAJEMEN KURIKULUM SAINS DALAM PELATIHAN SISWA YANGMENGIKUTI OLIMPIADE SAINS NASIONAL BIOLOGI DI LEMBAGA PELATIHAN OSN DEPOK

Priantama, Ahmad Galih and Retnowati, Rita and Kurniasih, Surti (2017) MANAJEMEN KURIKULUM SAINS DALAM PELATIHAN SISWA YANGMENGIKUTI OLIMPIADE SAINS NASIONAL BIOLOGI DI LEMBAGA PELATIHAN OSN DEPOK. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2017 P BIO AHMAD GALIH PRIANTAMA.pdf

Download (83kB)

Abstract

AHMAD GALIH PRIANTAMA. 036112069. Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional Biologi di Lembaga Pelatihan OSN Depok. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional Biologi di Lembaga Pelatihan OSN Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik wawancara dengan berbagai informan, observasi, dan studi dokumen digunakan untuk mendapatkan data yang berfokus pada Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti OSN Biologi di LP OSN Depok. Metode yang digunakan melalui pendekatan deskriptif analitik yang bersifat kontekstual langsung dengan subyek (naturalistic inquiry), menekankan pada proses yang berlangsung mengenai sub fokus Perencanaan, sub fokus Pelaksanaan, dan sub fokus Monitoring dan Evaluasi Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti OSN Biologi di LP OSN Depok, dengan hasil penelitian yang menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: Pertama, muatan dan struktur Kurikulum Sains Biologi di LP OSN Depok mengikuti Kurikulum Sains Biologi Internasional (International Biology Olimpiad; IBO). Kedua, Ada dua prinsip/pola pelaksanaan belajar dan latihan Siswa OSN Biologi, yaitu saat Siswa OSN Biologi belajar/latihan di Kelas dan saat Siswa belajar/latihan Mandiri. Buku yang paling direkomendasikan untuk Siswa OSN Biologi adalah buku Biologi karya Campbell. Ketiga, Tentor biologi biasa melakukan pengawasan terhadap siswa-siswanya via grup Line dan email. Grup line diperuntukan untuk pembahasan ringan, sedangkan email untuk pembahasan materi yang kompleks yang membutuhkan penjelasan lebih detail. Setelah kegiatan pelatihan selesai, tindak lanjut yang diberikan tentor adalah memberikan bahan belajar kepada siswa dengan maksud agar siswa dapat belajar mandiri di luar kegiatan pelatihan. Bahan belajar yang diberikan siswa adalah berbentuk video, slide presentasi, e-book, dll. Selain memberikan bahan belajar tentor mereferensikan website-website pembelajaran biologi, khususnya mengenai OSN Biologi. Kata kunci: Olimpiade Sains Nasional Biologi, Manajemen, Kurikulum, Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:58
Last Modified: 14 Sep 2022 07:15
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5055

Actions (login required)

View Item View Item