NurulRamadhan, Tiara and Sukmanasa, Elly and Suchyadi, Yudhie (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PenelitianTindakanKelaspadaSiswaKelas V SekolahDasarNegeriBojongkopiKecamatanBojonggentengKabupatenSukabumiSemester GenapTahunPelajaran2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2018 PGSD Tiara NurulRamadhan.pdf Download (110kB) |
Abstract
Tiara Nurul Ramadhan.037114038. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran lmu Pengetahuan Sosial Melalui Media Animasi.Skripsi Program StudiPendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2018. Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas, serta dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan media animasi. Subyekpenelitianiniadalahsiswakelas V SekolahDasarNegeriBojongkopi yang terdiridari 56 siswa.Pelaksanaanpenelitianinidilakukanpada semester IItahunpelajaran 2017/2018.Hasilpenelitianiniketuntasanhasilbelajarpadasiklus I sebesar 54%, siklus II sebesar 69%, dan siklus IIIsebesar 87%.Begitu pula denganpenilaian proses pembelajaranpadasiklus I sebesar64%, siklus II sebesar 80%, dan siklus III sebesar 90%. Sedangkanhasilobservasisikapsiswamemperolehnilai pada siklus I yaitu 68, siklus II yaitu 84, dan siklus III yaitu 89, dan padahasilobservasiketerampilansiswamemperolehnilai pada siklus I yaitu69, siklus II yaitu 84, dan siklus III yaitu 89.Berdasarkanhasilpenelitian di atas dapatdisimpulkanbahwamenggunakan media animasidapatmemperbaikiprosespembelajaran dan meningkatkanhasilbelajarsiswa pada mata pelajaranIlmuPengetahuanSosial di kelas V SekolahDasar Negeri BojongkopiKabupatenSukabumiSemester IItahunpelajaran 2017/2018. Selainitu, dapatmeningkatkansikap dan keterampilansiswa. Kata Kunci : Media PembelajaranAnimasi, MeningkatkanHasilBelajar Mata PelajaranIlmuPengetahuanSosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 03:53 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 02:38 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5059 |
Actions (login required)
View Item |