PENERAPAN MODEL EXPLICIT INTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP YP 17 BOGOR Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Menempuh Sarjana Pendidikan

Yuliana, Beatrix and Rosdiana, Rina and Yazidi, Akhmad (2015) PENERAPAN MODEL EXPLICIT INTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP YP 17 BOGOR Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Menempuh Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2015 B. INDO Beatrix Yuliana.pdf

Download (85kB)

Abstract

Beatrix Yuliana: Penerapan Model Explicit Intruction dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VII SMP YP 17 Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2015. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui penerapan model Explicit Intruction dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi dan untuk mengetahui kendala siswa kelas VII SMP YP 17 Bogor dalam menulis karangan eksposisi dengan menggunakan model explicit intruction. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP YP 17 Bogor, dengan sampel siswa kelas VII-A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII-B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis karangan eksposisi dengan menggunakan model Explicit Intruction mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen pada prates 66 atau 66% dan nilai postes 89 atau 89%. Nilai rata-rata kelas kontrol pada prates 61 atau 61% dan nilai postes 75 atau 75%. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan untuk membandingkan hasil pembelajaran dikedua kelas digunakan rumus t-tes, diperoleh to = 3 ,50 lebih besar dari harga tt baik pada signifikan 5% maupun 1%. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran di kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil angket menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP YP 17 Bogor mengalami kendala dalam menulis karangan eksposisi dengan menggunakan model Explicit Intruction dari 22 siswa yang dijadikan sampel penelitian, 10 responden atau 45% menjawab tidak mengalami kendala pada saat di tugaskan guru untuk menulis karangan eksposisi. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Eksposisi, Explicit Intruction.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:45
Last Modified: 15 Sep 2022 03:15
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5116

Actions (login required)

View Item View Item