Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Nasabah Pada PT. BPRS Amanah Ummah Leuwiliang Bogor

Sulaeman, Dede and Hartini, Sri and Farradia, Yuary (2018) Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Nasabah Pada PT. BPRS Amanah Ummah Leuwiliang Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Dede Sulaeman (021112331) fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

DEDE SULAEMAN. NPM 021112331. Program Studi Manajemen. Konsentrasi Pemasaran. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Nasabah Pada PT. BPRS Amanah Ummah Leuwiliang Bogor. Ketua Komisi Pembimbing SRI HARTINI dan Anggota Komisi Pembimbing YUARY FARRADIA. Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor. PT. BPRS Amanah Ummah adalah salah satu perbankan syariah di Indonesia yang resmi beroprasi sejak bulan agustus 1992. Seperti perusahaan lain pada umumnya yang selalu berusaha mempertahankan keunggulan bersaingnya. PT. BPRS Amanah ummah memberikan biaya administrasi yang terjangkau, menyediakan produk dan jasa syariah yang saling menguntungkan dengan nasabahnya. Pada dasarnya jika kualitas pelayanan baik maka nasabah akan merasa puas. Nasabah puas ditinjau oleh banyaknya jumlah nasabah dan ditinjau dari semakin berkurangnya keluhan nasabah. Faktanya pada PT. BPRS Amanah Ummah mengalami penurunan jumlah nasabah pada tahun 2016 serta meningkatnya jumlah keluhan pada tahun 2016. Itu diduga karena adanya penurunan kualitas pelayanan yang mengakibatkan nasabah tidak merasa puas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan PT. BPRS Amanah Ummah, untuk menganalisis tingkat kepuasan nasabah pada PT. BPRS Amanah Ummah, untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) dengan kepuasan nasabah pada PT. BPRS Amanah ummah. Hasil penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan yang di berikan dan diharapkan dapat mengidentifikasi berbagai faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPRS Amanah Ummah, sehingga dapat menerapkan strategi yang tepat untuk semakin meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan data Primer dan Sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara, Metode pengolahan atau analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, tanggapan total responden, rank spearman, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 24. Berdasarkan penelian yang dilakukan dari hasil penyebaran kuesioner kepada 100 nasabah PT. BPRS Amanah Ummah, secara keseluruhan kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah pada setiap indikator sudah dilaksanakan dengan baik. Dengan hasil sebesar 60,8% menjawab baik terhadap kualitas pelayanan dan 60,59% menjawab puas terhadap kepuasan nasabah. Terdapat hubungan yang positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah terbukti dari nilai r = 0,889 yang menandakan hubungan yang tinggi antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah. Nilai Koefisien Determinasi sebesar 79,03% yang berarti kontribusi variabel kualitas pelayanan atau sumbangan variabel hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah cukup kuat. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:54
Last Modified: 13 Sep 2022 03:54
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5119

Actions (login required)

View Item View Item