PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS PADA SISWA KELAS VIII SMP KOSGORO BOGOR SKRIPSI DiajukanuntukMemenuhi Salah SatuSyaratMenempuh UjianAkhirSarjanaPendidikan

Nurfalah, Anisa Siti and Nurjaman, Aam and Budiana, Sandi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS PADA SISWA KELAS VIII SMP KOSGORO BOGOR SKRIPSI DiajukanuntukMemenuhi Salah SatuSyaratMenempuh UjianAkhirSarjanaPendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2016 B.INDO Siti Anisa Nurfalah.pdf

Download (93kB)

Abstract

Siti Anisa Nurfalah: “Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis puisi bebas pada Siswa Kelas VIII SMP Kosgoro Bogor”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan kenadala penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas pada siswa kelas VIII SMP Kosgoro Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan modelExplicit Instruction terhadap peningkatan kemampuan menulis puisi bebas. Angket digunakan untuk mendapatkan informasi tentang kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran menulis puisi bebas dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Kosgoro Bogor. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakanteknik cluster random sampling. Sampelyang diperoleh adalah kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa, dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penghitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes diperoleh harga t_0=4,49 jauh lebih besar daripada harga t_t baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf 1%. Itu berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Dengan demikian dapat dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Instruction berhasil meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Kosgoro Bogor. Hipotesis kedua dapat diuji kebenarannya berdasarkan hasil angket berikut. Angket nomor 14 menunjukkan bahwa dari 30 siswa yang dijadikan sampel penelitian, ternyata 12 siswa (40%) mengalami kendala dalam menggunakan gaya bahasa dalam menulis puisi bebas, 18 siswa (60%) menyatakan tidak mengalami kendala dalam menggunakan gaya bahasa dalam menulis puisi bebas. Angket nomor 13 menunjukkan bahwa dari 30 siswa yang dijadikan sampel penelitian, ternyata 10 siswa (33%) mengalami kendala dalam menentukan pilihan kata dalam menulis puisi, 20 siswa (67%) menyatakan tidak mengalami kendala dalam menentukan pilihan kata dalam menulis puisi. Angket nomor 12 menunjukkan bahwa dari 30 siswa yang dijadikan sampel penelitian, ternyata 6 siswa (20%) mengalami kendala dalam menyesuaikan isi puisi dengan tema, 24 siswa (80%) menyatakan tidak mengalami kendala dalam menyesuaikan isi puisi dengan tema. Angket nomor 15 menunjukkan bahwa dari 30 siswa yang dijadikan sampel penelitian, ternyata ternyata 5 siswa (17%) mengalami kendala dalam menggunakan ejaan yang tepat dalam menulis puisi, 25 siswa (83%) menyatakan tidak mengalami kendala dalam menggunakan ejaan yang tepat dalam menulis puisi. Kata kunci: Eplicit instruction, Menulis, Puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:56
Last Modified: 15 Sep 2022 02:46
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5121

Actions (login required)

View Item View Item