PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY Studi Ini Dengan Menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Cinagara 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018

Fajri, Nurul and Suhendra and Muhajang, Tatang (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY Studi Ini Dengan Menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Cinagara 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
NURUL FAJRI 037114214.pdf

Download (101kB)

Abstract

Nurul Fajri, 037114241. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray pada siswa kelas V SDN Cinagara 02 Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan, Bogor, 2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cinagara 02 Kabupaten Bogor yang terdiri dari 28 siswa, dengan komposisi 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan tiga siklus, pada siklus satu, siklus dua, dan siklus tiga terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil Penelitian ini menunjukan penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 64,50, siklus II 80,53, dan siklus III 86,00 meningkat 21,77 indikator keberhasilannya yaitu 81, observasi perubahan sikap siswa siklus I 67,41, siklus ll sebesar 76,43, dan siklus III sebesar 88,10 meningkat 20,96 indikator keberhasilannya 81, ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 46,42%, siklus II sebesar 67,85%, dan siklus III sebesar 89,28 meningkat sebesar 42,86% indikator keberhasilan nya yaitu 85% nilai KKM 72. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif type two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajarpada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cinagara 02 Kabupaten Bogor. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan tanggung jawab, kerjasama, dan disiplin siswa dalam proses pembelajaran. Kata kunci; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray; Ilmu Pengetahuan Soaial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 05:25
Last Modified: 15 Sep 2022 02:06
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5131

Actions (login required)

View Item View Item