PENINGKATAN PERILAKU KERJA INOVATIF MELALUI PENGUATAN TEAM LEARNING DAN KNOWLEDGE SHARING (Studi Empiris Dengan Pendekatan Korelasional dan Analisis SITOREM pada Guru Tetap Yayasan Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor)

Sudjud, Widianti and Hidayat, Rais and Wulandari, Dian (2022) PENINGKATAN PERILAKU KERJA INOVATIF MELALUI PENGUATAN TEAM LEARNING DAN KNOWLEDGE SHARING (Studi Empiris Dengan Pendekatan Korelasional dan Analisis SITOREM pada Guru Tetap Yayasan Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor). Thesis thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
cover abstrak widianti.pdf

Download (71kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara Team Learning dan Knowledge Sharing dengan Perilaku Kerja Inovatif. Penelitian dilaksanakan di SD Islam Terpadu di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Populasi penelitian ini berjumlah 357 guru dan jumlah sampel sebanyak 189 guru yang ditentukan dengan menggunakan proportional random sampling. Pengumpulan data untuk setiap variabel yang diteliti menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif antara Team Learning dengan Perilaku Kerja Inovatif (koefisien korelasi ry.1 = 0,398 dan koefisien determinasi r2y.1 = 0,1580), terdapat hubungan positif antara Knowledge Sharing dengan Perilaku Kerja Inovatif (ry.2 = 0,687 dengan koefisien determinasi r2y.2 = 0,473) serta terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara Team Learning dan Knowledge Sharing secara bersama-sama dengan Perilaku Kerja Inovatif (koefisien korelasi ry.12 = 0,671 dengan koefisien determinasi r2y.12 = 0,4505). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Perilaku Kerja Inovatif dapat ditingkatkan melalui Team Learning dan Knowledge Sharing baik secara parsial maupun bersama-sama. Berdasarkan analisis SITOREM, diketahui bahwa untuk meningkatkan Perilaku Kerja Inovatif melalui Team Learning dapat dilakukan dengan meningkatkan indikator pertukaran pengetahuan tentang konfigurasi kondisi dan kapabilitas anggota. Sedangkan melalui Knowledge Sharing, dapat dilakukan dengan meningkatkan indikator menerima pengetahuan dan mentransfer pengetahuan

Item Type: Thesis (Thesis)
Divisions: Pascasarjana > Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UNPAK
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:47
Last Modified: 24 Aug 2022 02:47
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item View Item