ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI HAFIDZ QUR’AN Studi Kasus Dengan Pendekatan Kualitatif Kelas 6b di Sekolah Dasar Islam Terpadu Anak Shalih Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019

Irsalina, Anbar Fily and Badruzzaman, Nedin and Muhajang, Tatang (2018) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI HAFIDZ QUR’AN Studi Kasus Dengan Pendekatan Kualitatif Kelas 6b di Sekolah Dasar Islam Terpadu Anak Shalih Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD Fily Anbar Irsalina.pdf

Download (106kB)

Abstract

Fily Anbar Irsalina. 03714062. Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Hafidz Qur’an. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2017. Penelitian ini menerapkan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan gaya belajar siswa berprestasi Hafidz Qur’an. Pelaksanaan penelitian ini pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa berprestasi hafidz Qur’an menggunakan gaya belajar audio dan visual namun memiliki kecenderungan gaya belajar audio terutama ketika belajar dirumah untuk menyerap informasi terutama dalam menghafal Al-Qur’an. Kemampuan awal siswa membaca dengan cara mendengarkan apa yang dibacakan oleh ibunya seperti belajar menggabungkan dua huruf konsonan dan vokal, Ibu Afifah hanya menyebutkan satu kali huruf konsonan dan vokal kemudian Afifah mengulang dua huruf gabungan tersebut namun dengan konsonan yang berbeda. Dalam metode menghafalkan Al-Qur’an Afifah menggunakan cara mendengarkan terlebih dahulu ayat yang akan siswa hafalkan, seperti pada saat pertama kali Afifah diajarkan menghafal lima surat pertama yang ada pada Al-Qur’an secara terus menerus dan Afifah mampu menghafal lima surat tersebut hanya dengan waktu tiga hari, itu termasuk dalam kategori belajar secara audio atau menggunakan kemampuan mendengar dalam menyerap sebuah informasi. Dan didukung dengan menggunakan gaya belajar visual yaitu menyerap informasi dengan kemampuan melihat. Seperti pada saat siswa menghafal Al-Qur’an, siswa tetap fokus menghafal meskipun suasana disekelilingnya berisik. Untuk mempermudah menghafalkan ayat dengan bacaan yang sama siswa menggunakan metode titian ingatan yang merupakan salah satu gaya menghafal secara visual dimana siswa menuliskan awalan ayat tersebut agar tidak tertukar ayat yang satu dengan ayat yang lain dan dapat membedakan lanjutan bacaan yang awalan ayatnya sama. Kata kunci :gaya belajar prestasi hafidz qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:40
Last Modified: 15 Sep 2022 01:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5215

Actions (login required)

View Item View Item