Hubungan Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen studi kasus Kedai Bedjo

Nurdiana, Sinta and Hartini, Sri and Irawan, Arie Wibowo (2018) Hubungan Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen studi kasus Kedai Bedjo. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
skripsi (27).pdf

Download (6MB)

Abstract

SINTA NURDIANA, NPM 021114328, Manajemen S1, Manajemen Pemasaran, “Hubungan Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen studi kasus Kedai Bedjo”. Dibawah bimbingan Ibu SRI HARTINI dan Bapak ARIE WIBOWO IRAWAN, tahun 2018. Dewasa ini, masyarakat khususnya di Bogor maupun daerah disekitarnya semakin kritis dan selektif dalam mengkonsumsi suatu produk dan jasa. Seiring berkembangnya kebutuhan makanan dengan berbagai bentuk dan rasa. Saat ini telah terjadi pergeseran pola hidup di kalangan masyarakat. Masyarakat sudah lebih terbuka dan terbiasa untuk makan di luar rumah karena selain efisien juga dapat dijadikan sebagai sarana hiburan, baik bersama keluarga maupun kerabat. Hal ini menjadikan persaingan bisnis di bidang makanan dan minuman menjadi semakin kompetitif. Selain itu, banyaknya usaha yang bermunculan baik itu usaha besar maupun usaha kecil memiliki dampak yang sangat besar pada persaingan yang cukup ketat antara perusahaan, terutama pada perusahaan yang bergerak dalam bidang yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas produk yang diberikan Kedai Bedjo, untuk menganalisis kepuasan konsumen pada Kedai Bedjo, serta menganalisis hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumen pada Kedai Bedjo. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan jumlah responden 337 orang, metode penarikan sampel menggunakan non probability sampling, alat analisis data yang digunakan adalah korelasi rank spearman dan koefisien penentu dengan menggunakan SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian kualitas produk pada Kedai Bedjo sangat baik dengan nilai rata�rata tanggapan responden sebesar 80,08%. Untuk tanggapan responden kepuasan konsumen didapat nilai rata-rata sebesar 80,17% termasuk dalam kriteria sangat puas. Hasil analisis koefisien korelasi Rank Spearman diperoleh rs = 0,748. Artinya, kualitas produk dengan kepuasan konsumen mempunyai hubungan yang kuat. Hasil analisis koefisien penentu sebesar 55,95%. Artinya kualitas produk dapat mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 55,95%, sedangkan sisanya sebesar 44,05% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil Zhitung (13,85) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumen di Kedai Bedjo. Kata kunci : Kualitas produk, kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:24
Last Modified: 22 Sep 2022 07:24
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5458

Actions (login required)

View Item View Item