Analisis In-Store Factor Terhadap Impulse Buying pada Konsumen Citrus Department Store (Studi pada Mahasiswa Manajemen Universitas Pakuan)

Fajrin, Agisti and Muharam, Hari and Patra, Eka (2022) Analisis In-Store Factor Terhadap Impulse Buying pada Konsumen Citrus Department Store (Studi pada Mahasiswa Manajemen Universitas Pakuan). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2022 Agisti Fajrin 021118420.pdf

Download (2MB)

Abstract

AGISTI FAJRIN. 021118420. Analisis In-Store Factor Terhadap Impulse Buying pada Konsumen Citrus Department Store (Studi pada Mahasiswa Manajemen Universitas Pakuan). Dibawah bimbingan : HARI MUHARAM dan EKA PATRA. 2022. Pertumubuhan penjualan ritel di Indonesia per bulan Juni 2022 sebesar 15, 41%, naik dari tahun sebelumnya per Desember 2021 sebesar 13,79%, setelah mengalami keterpurukan saat pandemi Covid-19. Pada era pandemi Covid-19 saat ini, pemasar perlu lebih memperhatikan keinginan konsumen. Ada banyak upaya untuk memahami tentang perilaku konsumen yang berbeda-beda. Impulse buying merupakan fenomena yang erat kaitannya dalam perilaku pembelian di usaha ritel. Sebanyak 40% dari total pembelanjaan konsumen merupakan impulse buying (Brandongaille.com, 2017). Pernyataan ini diperkuat oleh Samosir (dalam Caesariani, 2020), yang mengungkapkan bahwa sebanyak 74% pembelian yang terjadi di minimarket merupakan impulse buying (pembelian tidak terencana). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat impulse buying pada mahasiswa manajemen Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaitif, dengan responden mahasiswa manajemen Uinversitas Pakuan Bogor tahun akademik 2018-2021 yang pernah berbelanja di Citrus Department Store. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 95 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Selanjutnya dilakukan penentuan proporsi sampel berdasarkan tahun akademik, didapatkan jumlah responden tahun akademik 2018 sebanyak 23 responden, tahun akademik 2019 sebanyak 22 responden, tahun akademik 2020 sebanyak 24 responden, dan tahun akademik 2021 sebanyak 26 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan setelah dilakukan analisis regresi linier berganda diketahui bahwa In-Store Factor yang terdiri dari sales promotion (X1) dan store environment (X2) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap impulse buying (Y) sebesar 37,6%. Diketahui variabel sales promotion (X1) secara parsial berpengaruh terhadap impulse buying dengan nilai probabilitas (0,011) < 0,05. Selanjutnya diketahui variabel store environment (X2) secara parsial berpengaruh terhadap impulse buying dengan nilai probabilitas (0,020) < 0,05 Kata kunci : in-store factor, sales promotion, store environment, impulse buying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 23 Sep 2022 01:55
Last Modified: 23 Sep 2022 01:55
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5479

Actions (login required)

View Item View Item