Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Pangrango 2

Husna, Zulfa and Herdiyana, Herdiyana and Irawan, Arie Wibowo (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Pangrango 2. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI (ZULFA HUSNA 0211 14 019) .pdf

Download (1MB)

Abstract

ZULFA HUSNA, 021114019, Ekonomi Manajemen, Manajemen Pemasaran, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Pangrango 2 Bogor, Dibawah bimbingan HERDIYANA dan ARIE WIBOWO IRAWAN. 2018. Semakin pesatnya usaha perhotelan tersebut ditandai dengan diresmikannya “Hotel Pangrango 2” pada tahun 1997 yang berkelas hotel bintang 3 oleh Walikota Bogor pada saat itu yaitu Drs. H. Edi Gunadi yang berada di Jalan Pajajaran No. 32 Bogor dengan menyandang kelas bintang tiga “Hotel Pangrango 2” ini mempunyai berbagai fasilitas yang disesuaikan dengan klasifikasinya. Jalan Pajajaran merupakan pusat perbelanjaan dan pusat bisnis di Kota Bogor. Hotel Pangrangol 2 Bogor merupakan perusahaan terbatas (swasta) yang bergerak dalam jasa penginapan (akomodasi) dan restaurant di Kota Bogor. Hotel Pangrango 2 Bogor mempunyai 97 kamar dengan klasifikasi hotel berbintang tiga dan mempunyai 5 ruang pertemuan. Akan tetapi menjadi hotel paling tua diantara para pesaing tidak berarti menjamin mendapat market share yang baik, hal ini ditunjukan dengan tingkat hunian hotel dikota bogor rata-rata 76% dan hotel pangrango memperoleh tingkat hunian dibawah rata-rata yaitu dengan nilai hunian 70%. Dengan terjadinya penurunan jumlah hunian setiap tahunnya. diharapkan perusahaan serius dalam hal kualitas pelayanan agar tidak mengakibatkan penurunan tingkat hunian serta untuk membuat konsumen merasa puas dengan pelayanannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada hotel pangrango 2 bogor. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, dengan menggunakan data primer dan data sekunder dari 100 responden, jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus slovin, dengan teknik analisis meliputi : (1) uji kualitas data, terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas (2) uji asumsi klasik, terdiri dari uji normalitas, multikolinearitas, heterokedasitas, dan uji autokorelasi. (3) uji regresi linier berganda, dengan menggunakan bantuan SPSS 23. Dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=21,744 + 0,975 X1 + 0,227 X2 + 0,078 X3 + 0,123 X4 + 0,988 X5 hasil pengujian variable kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen untuk indikator bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati adalah sebesar (0,975), (0,227), (0,078), (0,123), (0,988). Maka jika kualitas pelayanan meningkat, maka kepuasan konsumen akan meningkat. Selain itu berdasarkan koefisien determinasi R square 0,204. Menunjukan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 0,204 (20,4%) sedangkan sisa nya sebesar 0,796 (79,6%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Kualitas pelayanan, Kepuasan konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:02
Last Modified: 26 Sep 2022 04:02
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5497

Actions (login required)

View Item View Item