PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 01 Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Tazkiah, Putri and Harashani, Hanny and Mulyawati, Yuli (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 01 Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Putri Tazkiah.pdf

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Tazkiah, 037114087. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK), serta dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 01 yang terdiri dari 47 siswa, dengan komposisi 28 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata- rata hasil belajar pada siklus I memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 63,82% dengan nilai rata-rata 70, sedangkan siklus II memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 72,34% dengan nilai rata-rata 74,44, dan siklus III memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 87,23% dengan nilai rata-rata 81,95, artinya penelitian berhasil. Begitupula dengan penelitian perbaikan proses pembelajaran siklus I sebesar 79,5, siklus II sebesar 82,5 dan siklus III sebesar 87,75. Sedangkan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan pada sikap berupa jujur, kerjasama, disiplin, dan tanggung jawab siswa dengan memperoleh nilai pada siklus I yaitu 51,54, siklus II memperoleh nilai 67,32, dan siklus III memperoleh nilai 85,85. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan koopertaif melalui model pembelajaran Numbered Heads Together dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 01 Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:00
Last Modified: 26 Sep 2022 04:00
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5517

Actions (login required)

View Item View Item