Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Penerapan Balanced Scorecard Pada PT. Telkom Indonesia Tbk Pusat

Utami, Gita Melania and Hardiyanto, Arief Tri and Lestari, Retno Martanti Endah (2022) Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Penerapan Balanced Scorecard Pada PT. Telkom Indonesia Tbk Pusat. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2022 Gita Melania Utami 022118172.pdf

Download (2MB)

Abstract

GITA MELANIA UTAMI, 022118172, Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Penerapan Balanced Scorecard Pada PT. Telkom Indonesia Tbk Pusat. Di bawah bimbingan ARIEF TRI HARDIYANTO dan RETNO MARTANTI ENDAH LESTARI, 2022. Balanced scorecard yaitu kartu skor yang digunakan untuk mengukur kinerja dengan memperhatikan keseimbangan diantara keuangan dan non-financial, antara jangka pendek dan jangka panjang serta melibatkan faktor internal dan eksternal. Dimana, pada balanced scorecard ini memiliki empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Kinerja perusahaan yaitu sebuah prestasi kerja yang sudah dicapai oleh suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu untuk tetap bertahan dalam era pasar bebas dan beroperasi secara terus-menerus menjalankan Susaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keempat perspektif balanced scorecard terhadap kinerja PT Telkom Indonesia Tbk Pusat. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Telkom Indonesia Pusat Tbk pada divisi divisi service operation (DSO), dengan teknik convenience sampling sehingga didapatkan sebanyak 64 karyawan. Metode penelitian ini adalah verifikatif dengan metode explanatory survei. Data diuji dengan memasukkan SPSS versi 26.0 dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji kualitas data. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pada perspektif keuangan menunjukkan kinerja yang sangat baik, pada perspektif pelanggan menunjukkan kinerja yang sangat baik, pada perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja yang baik, pada pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan kinerja yang baik, serta pada perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran secara bersama-sama menunjukkan kinerja yang sangat baik. Kata kunci: balanced scorecard, kinerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi keuangan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:24
Last Modified: 29 Sep 2022 02:24
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5546

Actions (login required)

View Item View Item