Analisis Strategi Pemasaran Studi pada PT Jungleland Asia.

Testyano, Fhebio and Adrian, Ferdisar and Andrianto, Nizam (2018) Analisis Strategi Pemasaran Studi pada PT Jungleland Asia. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI FHEBIO TESTYANO 021114458.pdf

Download (2MB)

Abstract

FHEBIO TESTYANO, 021114458. Analisis Strategi Pemasaran Studi pada PT Jungleland Asia. Skripsi. Jurusan Manajemen Konsentrasi Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan FERDISAR ADRIAN dan NIZAM M. ANDRIANTO. Dengan membaiknya kondisi perekonomian tentunya mempengaruhi daya beli dan konsumsi masyarakat. Salah satu industri yang tumbuh adalah industri pariwisata. Peningkatan pertumbuhan terlihat dari tingginya kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara secara nasional yang terus meningkat. Dengan meningkatnya pertumbuhan industri pariwisata seharusnya mampu dimanfaatkan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualnnya karena peluangnnya terbuka lebar. Tetapi nyatanya penjualan perusahaan menurun dalam dua tahun terakhir. Ini terbanding terbalik dengan penjualan kompetitor yang justru meningkat. Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi dari perusahaan yang mengenai hal-hal yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas, khusus untuk mengetahui penyebab penurunan penjualan dalam dua tahun terakhir, mengetahui trend pariwisata, mengetahui tingkat persaingan pariwisata, dan mengaplikasikan strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif (eksploratif) kualitatif berupa studi kasus mengenai analisis strategi pemasaran pada PT Jungleland Asia. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan data sekunder dari berbagai literatur. Hasil analisis strategi pemasaran PT Jungleland Asia dapat diperoleh Berdasarkan hasil matriks EFE diperoleh bahwa faktor strategis yang merupakan peluang terbesar dan paling berpengaruh bagi PT Jungleland Asia yaitu kebutuhan akan wisata meningkat seiring dengan meningkatnya gaya hidup (life style) masyarakat pola rekreasi mulai menjadi kebutuhan pada masyarakat Indonesia dengan skor 0.4356. Sedangkan faktor yang menjadi ancaman utama yang harus diwaspadai adalah bertambahnya model wisata dan retail dengan skor 0.3424. Berdasarkan matriks IFE kekuatan yang harus dipertahankan adalah harga yang lebih terjangkau dari kompetitor dengan skor 0.3584. Sedangkan kelemahannya adalah brand awareness yang masih lemah dibandingkan dengan kompetitor dengan skor 0.4046. Berdasarkan matriks SWOT, strategi SO yaitu menjalin kerjasama dengan online shop, mengoptimalkan saluran distribusi dalam penyampaian produk dan fasilitas dari produsen ke konsumen dan mempromosikan dan menjalin kerja sama dengan pemerintah setempat, seperti, mengadakan seminar, festival atau perlombaan dengan dinas terkait. Strategi WO yaitu, memperbaiki sistem keuangan, memperbaiki manajemen perencanaan, dan memperbanyak wahana dalam ruangan (indoor rides), wahana keluarga (family rides) dan wahana air (water rides) agar dapat memenuhi semua keinginan atau kebutuhan konsumen. Strategi ST yaitu selalu memberikan pelayanan yang prima, dan membangun image perusahaan yang baik untuk edukasi rekreasi, dan melakukan promosi secara efektif, untuk menguatkan brand awereness di masyarakat. Strategi WT yaitu melakukan pemeliharan wahana secara berkala agar keterbatasan suku cadang dapat di kontrol oleh perusahaan. Berdasarkan matriks SPACE posisi perusahaan PT Jungleland Asia berada pada posisi konservatif. Berdasarkan matriks IE, PT Jungleland Asia berada pada kuadran II yaitu Growth and Build. Perusahaan bisa mengembangkan strategi agresif dengan melakukan tambahan investasi. Berdasarkan matriks BCG PT Jungleland Asia berada pada posisi Cash Cow. Kata Kunci : Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:39
Last Modified: 30 Sep 2022 03:39
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5590

Actions (login required)

View Item View Item