Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Yamaha Indo Sakti Motor Depok

Yuliyana, Fina and Zaini, Oktori Kiswati and Salmah, Salmah (2018) Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Yamaha Indo Sakti Motor Depok. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI FINA.pdf

Download (1MB)

Abstract

FINA YULIYANA, 021114121 Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Yamaha Indo Sakti Motor Depok. Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Yamaha Indo Sakti Motor Depok. Dibawah bimbingan, OKTORI KISWATI ZAINI Dan Pembimbing SALMAH Tahun 2018. CV. Yamaha Indo Sakti Motor Depok merupakan salah satu dealer dan bengkel resmi Yamaha. Penelitian ini dilakukan karena penjualan sepeda motor Yamaha pada CV. Yamaha Indo Sakti Motor Depok mengalami penurunan disetiap tahunnya walaupun biaya promosi yang dikeluarkan perusahaan sudah ditingkatkan. Secara teori jika biaya promosi ditingkatkan maka volume penjualan juga akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara biaya advertising dan biaya sales promotion terhadap volume penjualan pada CV. Yamaha Indo Sakti Motor Depok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian explanatory survey dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji hipotesis persial, uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi dengan menggunakan alat bantu softwere SPSS versi 23. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, biaya promosi dengan indikator biaya advertising dan biaya sales promotion terhadap volume penjualan diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 264,50 + 9,101 BA + 2,587 BSP + e. Dari persamaan regresi tersebut dapat diinterpretasikan bahwa jika biaya biaya promosi nilainya 0, maka tingkat penjualan bernilai 264,50 unit dan biaya advertising mempunyai nilai koefisien regresi sebesar 9,101 unit artinya jika biaya advertising mengalami kenaikan sebesar satu rupiah, maka tingkat penjualan akan mengalami peningkatakn penjualan sebesar 9,101 unit perbulan dengan asumsi biaya sales promotion bernilai konstan. Nilai koefisien regresi variabel biaya sales promotion bernilai 2,587, artinya jika biaya sales promotion mengalami kenaikan sebesar satu rupiah, maka tingkat penjualan akan mengalami peningkatan sebesar 2,587 unit perbulan dengan asumsi variabel biaya advertising konstan. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,928 artinya memiliki hubungan kuat. Nilai koefisien determinasi ditunjukan oleh R Square yaitu sebesar 86%, hal ini menunjukkan bahwa biaya promosi dapat mempengaruhi volume penjualan sebesar 86% sedangkan sisanya 14 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil uji hipotesis menunjukan bahwa biaya promosi dengan indikator biaya advertising dan biaya sales promotion berpengaruh terhadap volume penjualan pada CV. Yamaha Indo Sakti Motor Depok karena nilai sig biaya advetising kurang dari nilai α ( 0,000 < 0,05) dan nilai sig biaya sales promotion kurang dari nilai α (0,002 < 0,05). Kata Kunci : Biaya Promosi, Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:40
Last Modified: 30 Sep 2022 03:40
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5593

Actions (login required)

View Item View Item