Faktor-Faktor yang Memengaruhi Manajemen Pajak dengan Indikator Tarif Pajak Efektif pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020

Syafriti, Hasna Nabila and Situmorang, Monang and Fadilah, Haqi (2022) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Manajemen Pajak dengan Indikator Tarif Pajak Efektif pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2022 Hasna Nabila Syafriti 022118249.pdf

Download (2MB)

Abstract

HASNA NABILA SYAFRITI 022118249. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Manajemen Pajak dengan Indikator Tarif Pajak Efektif pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Dibawah bimbingan: MONANG SITUMORANG dan HAQI FADILLAH. 2022. Manajemen pajak merupakan usaha menyeluruh yang dilakukan tax manager agar hal-hal yang berhubungan dengan perpajakan dari perusahaan bisa dikelola dengan baik, efisien serta ekonomis, sehingga memberi kontribusi maksimum bagi perusahaan. Agar tidak menjurus kepada pelanggaran norma perpajakan ataupun penghindaran pajak. Digunakannya tarif pajak efektif sebagai indikator adanya manajemen pajak karena tarif pajak efektif memberikan gambaran insentif pajak dari pemerintah. Ukuran perusahaan, tingkat utang, profitabilitas, intensitas asset tetap dan intensitas persediaan merupakan faktor yang memengaruhi manajemen pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan pengaruh Ukuran Perusahaan, Tingkat Utang, Profitabilitas, Intensitas Aset Tetap dan Intensitas Persediaan dapat memengaruhi Manajemen Pajak pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2016-2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian verifikatif metode explanatory survey dengan menggunakan data sekunder. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dari 53 populasi pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, diperoleh sampel sebanyak 23 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel, dengan menggunakan Software Statistic Eviews 10. Pengujian yang dilakukan yaitu uji pemilihan model, analisis statistik deskriptif, analisis data panel, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel ukuran perusahaan, profitabilitas dan intensitas persediaan berpengaruh terhadap manajemen pajak. Sedangkan tingkat utang dan intensitas asset tetap tidak berpengaruh terhadap manajemen pajak. Secara simultan menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan, tingkat utang, profitabilitas, intensitas asset tetap dan intensitas persediaan berpengaruh terhadap manajemen pajak pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Tingkat Utang, Profitabilitas, Intensitas Aset Tetap, Intensitas Persediaan dan Manajemen Pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Perpajakan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:46
Last Modified: 30 Sep 2022 03:46
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5636

Actions (login required)

View Item View Item