Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Karaoke Inul Vizta Cabang Depok

Manusiwa, Macrichard Gyver and Zaini, Oktori Kiswati and Yudha, Aditya Prima (2019) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Karaoke Inul Vizta Cabang Depok. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2022 Macrichard Gyver Manusiwa 021114295.pdf

Download (2MB)

Abstract

Macrichard Gyver Manusiwa NPM 021114295. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Karaoke Inul Vizta Cabang Depok. Skipsi. Program studi Manajemen Konsentrasi Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan Ketua Komisi Pembimbing Oktori Kiswati Zaini dan Anggota Komisi Pembimbing Aditya Prima yudha. Penelitian ini ditunjukan untuk menjelaskan adanya penurunan jumlah pengunjung di Kraoke Inul Vizta Cabang Depok pada tahun 2017 yang mengindikasikan adanya ketidakpuasan konsumen dan bertambahnya keluhan yang menunjukan penuruan kualitas pelayanan di Karaoke Inul Vizta Cabang Depok. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Karaoke Inul Vizta Cabang Depok. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif Eksploratif, dan data bersifat dyads yaitu peneliti memperoleh data dari Karaoke Inul Vizta Cabang Depok dan konsumen pengguna jasa Karaoke Inul Vizta Cabang Depok jenis datanya adalah kualitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif, Analisis Tingkat Kesesuaian, dan Importance Performance Analiysis (IPA) atau Diagram Kartesisus yang dioleh dengan menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian kualitas pelayanan yang diberikan oleh Karaoke Inul Vizta Cabang Depok meliputi; berwujud (tangible), kehandalan (reability), daya tanggap (Responsivess), Jaminan (Assurance) dan Empati (Empathy), dikatakan baik karena nilai rata-rata nya 76,4% berada pada rentang baik. Tingkat Kepuasan konsumen atas pelayanan pada Karaoke Inul Vizta Cabang Depok berdasarkan hasil tingkat kesesuaian, dari 13 atribut pernyataaan yang telah memenuhi kepuasan konsumen ada 5 pernyataan sedangkan 8 pernyataan belum puas. secara umum kinerja pelayanan Karaoke Inul Vizta Cabang Depok sudah memuaskan konsumen. Dikarenakan nilai tingkat kesesuaian sebesar 101,35 % sudah diatas 100 %. Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Karaoke Inul Vizta Cabang Depok, berdasarkan hasil Importance Performance Analiysis (IPA) dan gambar diagram kartesius sebelumnya dapat disimpulkan sebagai berikut Kuadran Prioritas utama (1) Kebersihan dan kenyamanan gedung, (12) keramahan saat melayani, (9) Keadilan pemberian pelayanan, Kuadran Pertahankan Prestasi (13) perhatian personal yang diberikan kepada kepada konsumen,(8) Kemampuan memperhatikan keluhan konsumen,(10) Kesesuaian biaya karaoke dengan pelayanan yang diterima, Kuadran Prioritas Rendah (2) Ruang tunggu yang nyaman,(5) Kelengkapan saran informasi, (11) Kemampuan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, Kuadran Prioritas Berlebihan (7) Pepersediaan dalam melayani pada jam sibuk,(3) kemampuan berkomunikasi, (6) kecepatan proses pelayanan(4) kemampuan memberikan solusi atas keluhan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:46
Last Modified: 30 Sep 2022 03:46
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5637

Actions (login required)

View Item View Item