Analisis Tangung jawab Pengangkut Barang Terhadap Kerugian Konsumen Akibat Hilangnya Barang Ditinjau Dari Pasal 4 Huruf H Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Obed, Obed and Sjofjan, Lindryani and Ardianto Iskandar, Eka (2022) Analisis Tangung jawab Pengangkut Barang Terhadap Kerugian Konsumen Akibat Hilangnya Barang Ditinjau Dari Pasal 4 Huruf H Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (523kB)

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini sudah berkembang sangat pesat, dari perkembangan itu salah satu yang berkembang adalah industri jasa pengangkutan, terutama ditengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung pada saat ini, akibat dari pandemi tersebut membuat ruang gerak masyarakat dibatasi, sehingga membuat banyak masyarakat yang beralih dari berjualan atau membeli suatu barang yang sebelumnya menggunakan cara konvensional menjadi digital, dalam transaksi digital tersebut semua orang saling bisa terhubung dari berbagai tempat yang jauh sekalipun untuk bisa membeli barang tanpa harus datang langsung ke lokasi penjual, salah satu yang memiliki peran penting dalam hal tersebut adalah jasa pengangkut barang, yang memiliki peran untuk bisa mengantar barang dari pengirim ke tujuan pengirim dengan selamat dan tepat waktu. Salah satu dari sekian banyak ekspedisi yang ada di Kabupaten Bogor adalah PT. Pos Indonesia (PERSERO) cabang Cibinong 16900 yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa kurir, logistik, dan transaksi keuangan dan juga dalam sejarahnya, PT Pos Indonesia (Persero) merupakan salah satu BUMN tertua di Indonesia. Dalam pelayanan jasa pengiriman barang tak terlepas dari berbagai masalah teknis yang bisa menyebabkan kerugian terhadap konsumen, salah satunya adalah yang menyebabkan hilangnya paket kiriman barang konsumen yang tidak sampai pada alamat tujuan pengiriman/penerima barang. Terhadap perusahaan jasa ekspedisi yang dalam hal ini adalah Pos Indonesia cabang Cibinong 16900, faktor yang sangat penting dalam menjalankan bisnis usahanya adalah dengan memperhatikan kepercayaan pengguna jasa/konsumen yang dimana konsumen atau pengguna jasa ini mempercayakan bahwa barang yang dikirimkan melalui Pos Indonesia cabang Cibinong ini akan sampai dengan selamat sampai dengan tujuan pengiriman. Merupakan suatu kewajiban dari Pos Indonesia untuk bisa mengantarkan barang kiriman konsumen ke alamat tujuan pengiriman Hak dan kewajiban antara konsumen dan pelaku usaha ini saling terhubung dan diatur didalam UUPK Tahun 1999. Jika Pos Indonesia karena suatu sebab dan menyebabkan barang kiriman konsumen hilang maka Pos Indonesia harus bertanggung jawab atas kerugian tersebut kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Hukum > Hukum > Konsumen
Fakultas Hukum > Hukum > Perlindungan Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNPAK
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:47
Last Modified: 04 Oct 2022 07:47
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5658

Actions (login required)

View Item View Item