Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Hasil Penjualan Kartu Perdana XL Pada PT. Prima Multi Usaha Indonesia Cabang Cianjur.

Helista, Wita Marliana and Zaini, Oktori Kiswati and Pudjawati, Sri (2018) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Hasil Penjualan Kartu Perdana XL Pada PT. Prima Multi Usaha Indonesia Cabang Cianjur. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Fix wITA.pdf

Download (915kB)

Abstract

WITA MARLIANA HELISTA,021114050. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Hasil Penjualan Kartu Perdana XL Pada PT. Prima Multi Usaha Indonesia Cabang Cianjur. Dibawah bimbingan OKTORI KISWATI ZAINI dan SRI PUDJAWATI. Tahun 2018. PT. Prima Multi Usaha Indonesia adalah salah satu dealler resmi PT. XL Axiata Tbk. (XL) dipercaya untuk memegang distribusi produk XL. Permasalahan yang terjadi di perusahaan ini adalah kartu perdana XL pangsa pasarnya paling rendah, pengguna XL yang ada di PT. Prima Multi usaha Indonesia yang aktif lebih kecil dibandingkan dengan yang keluar dan secara teori jika biaya promosi ditingkatkan maka penjualan akan meningkat tetapi faktanya justru promosi meningkat tetapi penjualan cenderung menurun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat kenaikan biaya bauran promosi kartu perdana XL pada PT. Prima Multi Usaha Indonesia Cabang Cianjur, untuk mengetahui tingkat penjualan kartu perdana XL pada PT. Prima Multi Usaha Indonesia Cabang Cianjur meningkat dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara bauran promosi terhadap hasil penjualan pada PT. Prima Multi Usaha Indonesia Cabang Cianjur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang merupakan data primer dan sekunder dan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi dan koefisien determinasi serta uji normalitas dan uji asumsi klasik dengan menggunakan alat komputer dalam program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat kenaikan biaya periklanan pada PT. Prima Multi Usaha Indonesia Cabang Cianjur yaitu 0,142x setiap tahunnya, sementara tingkat kenaikan biaya promosi penjualan yaitu 0,083x setiap tahunnya, sedangkan tingkat kenaikan hasil penjualan kartu perdana XL pada PT. Prima Multi Usaha Indonesia Cabang Cianjur yaitu 0,013x. Terdapat pengaruh biaya periklanan terhadap hasil penjualan kartu perdana XL karena nilai thitung sebesar3.757 > ttabel pada taraf signifikansi 5%. 2) Hasil analisis koefisien diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0.791 artinya bauran promosi dengan hasil penjualan kartu perdana XL pada pada PT. Prima Multi Usaha Indonesia Cabang Cianjur memiliki hubungan yang kuat, dan analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0.625 atau 62.5% artinya biaya periklanan dan biaya promosi penjualan memberikan kontribusi sebesar 62.5% sedangkan selebihnya dijelaskan oleh faktor lain atau variabel lain. 3) Terdapat pengaruh biaya promosi penjualan terhadap hasil penjualan kartu perdana XL pada PT. Prima Multi Usaha Indonesia Cabang Cianjur karena nilai thitung sebesar 3.706>ttabel pada taraf signifikansi 5%. Kata Kunci: Biaya Periklanan, Biaya Promosi Penjualan dan Hasil Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 06 Oct 2022 01:25
Last Modified: 06 Oct 2022 01:25
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5758

Actions (login required)

View Item View Item