Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi pada Divisi Bisnis Strategis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia).

Nasution, Ridayanti and Muharam, Hari and Yudha, Aditya Prima (2022) Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi pada Divisi Bisnis Strategis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2022 Ridayanti Nasution 021118281.pdf

Download (3MB)

Abstract

RIDAYANTI NASUTION. 021118281. Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi pada Divisi Bisnis Strategis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia). Di bawah bimbingan : HARI MUHARAM dan ADITYA PRIMA YUDHA. 2022. Pertumbuhan pasar yang terus meningkat membuat industri Testing, Inspection, and Certification (TIC) menjadi industri yang menguntungkan bagi penyedia jasa TIC dan memunculkan perusahaan baru yang bersaing dalam industri ini termasuk dalam sektor mineral dan batubara. Divisi Bisnis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia mengalami persaingan dengan beberapa perusahaan surveyor minerba lainnya. Penting dilakukan analisis strategi pemasaran agar meningkatkan keunggulan bersaing dikarenakan persaingan dalam negeri yang kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis lingkungan internal dan eksternal divisi bisnis strategis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia, (2) Menganalisis strategi pemasaran yang tepat bagi divisi bisnis strategis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia, (3) Menganalisis posisi strategi divisi bisnis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode penarikan sampel purposive sampling, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Metode analisis data menggunakan IFE, EFE, SWOT, IE, dan BCG. Hasil penelitian ini menunjukan EFE adalah 3,55 dan IFE adalah 3,22 sehingga matriks IE Divisi Bisnis Strategis Mineral dan Batubara berada di kuadran I dengan strategi yang tepat yaitu strategi intensif penetrasi dan pengembangan pasar dan matriks BCG berada pada kuadran Dog dengan alternatif strategi yaitu strategi agresif. Kata Kunci: TIC, SWOT, IE, BCG

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:50
Last Modified: 11 Oct 2022 01:50
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5788

Actions (login required)

View Item View Item