“Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi Uiniversitas Pakuan)

Putri, Lilis and Adrian, Ferdisar and Hayati, Yetty Husnul (2018) “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi Uiniversitas Pakuan). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
skripsi lilis putri.pdf

Download (1MB)

Abstract

LILIS PUTRI. NPM 021114194. “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi Uiniversitas Pakuan). Dibawah bimbingan bapak FERDISAR ADRIAN dan ibu YETTY HUSNUL HAYATI. 2018. Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan khususnya pendidikan tinggi, menjadikan perguruan tinggi sebagai sektor strategis yang diharapkan dapat menghasilkan sumber daya yang bermutu, keadaan persaingan yang cukup kompetitif antar perguruan tinggi menuntut lembaga pendidikan memperhatikan mutu pendidikan dan kelembagaan sehingga mampu serta unggul dalam persaingan tersebut. Tetapi masih banyak kelemahan pelayanan publik termasuk dunia pendidikan sehingga belum memenuhi harapan masyarakat. Pemenuhan harapan masyarakat tersebut merupakan tujuan utama dari fungsi pelayanan publik yang harus selalu ditingkatkan, baik dari sisi kuantitas maupun dari sisi kualitas, Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan adalah Fakultas yang paling banyak diminati oleh kalangan mahasiswa, tetapi masih banyak keluhan yang terjadi di Fakultas Ekonomi oleh sebab itu dalam upaya menghadapi masalah ini, diperlukan adanya tingkat kualitas pelayanan yang lebih baik harus diciptakan oleh pihak Fakultas Ekonomi. mahasiswa dikatakan puas jika sesuai harapan dan mahasiswa dikatakan tidak puas jika tidak sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universita Pakuan (studi kasus di Fakultas Ekonomi). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif eksploratif dengan metode berupa studi kasus dengan jenis data penelitan adalah data kualitatif yang merupakan data primer dan sekunder dengan jumlah responden 300 mahasiswa. Metode penarikan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik Stratified Random Sampling Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, tingkat kesesuaian dan Importance Performance Analisys (IPA) dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menujukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan mahasiswa setuju atau pelayanan yang diberikan sudah baik dari keseluruhan penilaian yang diberikan oleh mahasiswa dari setiap atribut yang diberikan. Mahasiswa Fakultas Ekonomi belum puas dengan kinerja yang diberikan dengan nilai tingkat kesesuaian antara kinerja dan harapan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan sebesar 93.70% yang menunjukkan bawa mahasiswa belum puas atas kinerja yang diberikan oleh Fakultas Ekonomi. Berdasarkan Importance Performance Analisys/diagram kartesius dan ini menjadi saran Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan terutama pada kepuasan mahasiswa kedepannya Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan harus lebih mengutamakan pelaksanaan pada indikator hadir dan mengakhiri perkuliahan tepat waktu, sistem penilaian yang objektif dan terbuka, menghidupkan suasana kelas, memberi waktu ketika akan berkonsultasi mengenai akademik/mata kulia, selalu adil dalam memperlakukan mahasiswa. Selalu mudah dihubungi ketika akan bimbingan/ konselling kegiatan kemahasiswaan dan berkomunikasi dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh mahasiswa. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa, Tki, Importance Performance Analysis (IPA)/ Diagram Kartesius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:43
Last Modified: 14 Oct 2022 02:43
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5820

Actions (login required)

View Item View Item