Pengaruh Harga Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Ojek Online Gojek (Studi Kasus Pada Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Ekonomi

Maisaroh, Nur and Hartini, Sri and Salmah, Salmah (2018) Pengaruh Harga Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Ojek Online Gojek (Studi Kasus Pada Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Nur Maisaroh.pdf

Download (1MB)

Abstract

NUR MAISAROH, 021114572. Pengaruh Harga Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Ojek Online Gojek (Studi Kasus Pada Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Universitas Pakuan). Dibawah Bimbingan: SRI HARTINI dan SALMAH. Tahun 2018. Gojek adalah aplikasi layanan jasa ojek online (kendaraan roda dua/sepeda motor) yang mempertemukan pengemudi dengan penumpang. Permasalahan yang terjadi di Gojek adalah harga yang ditetapkan perusahaan lebih mahal dibandingkan dengan ojek online lain, promosi yang kurang dimengerti serta rendahnya kepercayaan konsumen terhadap gojek. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan menggunakan jasa ojek online Gojek, untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan menggunakan jasa ojek online Gojek, dan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap keputusan menggunakan jasa ojek online Gojek. Jenis penelitian ini menggunakan data verifikatif, sumber datanya yaitu data primer dari 328 responden, jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin, metode penarikan sampelnya yaitu probability sampling, metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji parsial, uji normalitas dan uji asumsi klasik yang dilengkapi dengan menggunakan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga diterima oleh konsumen, karena diperoleh nilai total tanggapan responden sebesar 65,3%, untuk promosi memiliki nilai total responden sebesar 62,6% dan untuk kepercayaan pada gojek memiliki nilai baik dengan nilai total tanggapan sebesar 64,53%. Untuk analisis regresi linier berganda didapatkan hasil persamaan regresi, yaitu: y = -0,23 – 459Xharga + 1,427Xpromosi + 0,107XKepercayaan. Diketahui bahwa koefisien korelasi (R) diperoleh sebesar 0,876 yang artinya korelasi antara variabel harga, promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian sangat kuat. Diketahui juga bahwa nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,678, yang artinya variabel harga, promosi dan kepercayaan memberikan konstribusi terhadap keputusan pembelian sebesar 64,66%. Dari hasil uji t, didapatkan hasil pada indikator harga memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, pada indikator promosi memiliki nilai signifikan sebesar 0,002<0,05, dan kepercayaan memiliki nilai sebesar 0,000 < 0,05, yaitu tolak Ho yang artinya semua indikator tersebut secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Harga, Promosi, Kepercayaan dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 22 Oct 2022 03:34
Last Modified: 22 Oct 2022 03:34
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5873

Actions (login required)

View Item View Item