Aeni, Nurul and Ginting, Bukti and Zaini, Oktori Kiswati (2018) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Dunkin Donuts Sukasari Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Skripsi Nurul Aeni.pdf Download (1MB) |
Abstract
NURUL AENI. NPM 021114096. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Dunkin Donuts Sukasari Bogor: BUKTI GINTING dan OKTORI KISWATI ZAINI.Promosi merupakan bagian dari kegiatan pemasaran yang bertujuan memperkenalkan produk kepada masyarakat. Dalam melakukan kegiatan promosi tentunya akan dikeluarkan sejumlah biaya. Dengan adanya peningkatan biaya promosi, tentunya perusahaan mengharapkan penjualannya meningkat. Akan tetapi, faktanya di Dunkin Donuts Sukasari Bogor peningkatan biaya promosi tidak selalu diikuti dengan peningkatan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran promosi khususnya periklanan dan promosi penjualan, peningkatan penjualan, dan menganalisis pengaruh bauran promosi khususnya periklanan dan promosi penjualan terhadap peningkatan penjualan pada Dunkin Donuts Sukasari Bogor. Penelitian ini dilakukan pada Dunkin Donuts Sukasari Bogor yang beralamat di Jl. Surya Kencana No. 315, Surya Kencana, Sukasari, Bogor Timur. Jenis penelitian adalah penelitian verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey. Metode analisis data berupa analisis deskriptif, rata-rata ukur, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kenaikan biaya periklanan tertinggi terjadi pada periode tahun 2013-2014, yaitu sebesar 11,39% dan penurunan biaya periklanan tertinggi terjadi pada periode tahun 2014-2015 yaitu sebesar 7,11%, sedangkan untuk biaya promosi penjualan, tingkat kenaikan biaya promosi penjualan tertinggi terjadi pada periode tahun 2013-2014, yaitu sebesar 28,00% dan penurunan biaya periklanan tertinggi terjadi pada periode tahun 2010-2011 yaitu sebesar 4,00%. Peningkatan penjualan pada Dunkin Donuts Sukasari Bogor selama periode tahun 2010-2016 diketahui dari nilai rata-rata ukur penjualan dengan rumus rata-rata ukur (Geometrik Mean) sebesar 1,015 kali per tahunnya. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui persamaan regresi linier berganda Y = 22499,692 – 13,200 X1 + 41,937 X2. Nilai R yang diperoleh adalah sebesar 0,953, artinya korelasi antara variabel biaya periklanan dan biaya promosi penjualan terhadap variabel peningkatan penjualan adalah kuat positif. Nilai R 2 sebesar 0,908, artinya persentase sumbangan variabel biaya periklanan dan biaya promosi penjualan terhadap variabel peningkatan penjualan sebesar 90,8%, sedangkan sisanya sebesar 9,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil uji t secara parsial menunjukkan bahwa variabel biaya periklanan nilai thitung < ttabel (-0,124 < 2,571), dapat disimpulkan bahwa biaya periklanan tidak berpengaruh terhadap peningkatan penjualan, sedangkan untuk variabel biaya promosi penjualan nilai thitung > ttabel (6,204 > 2,571), dapat disimpulkan bahwa biaya promosi penjualan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Kata Kunci: Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 22 Oct 2022 06:15 |
Last Modified: | 22 Oct 2022 06:15 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5875 |
Actions (login required)
View Item |