Analisis Strategi Pemasaran pada PT. Garuda Mataram Motor Audi Center (Audi Indonesia)

Awaludin, Arif and Adrian, Ferdisar and Herdiyana, Herdiyana (2018) Analisis Strategi Pemasaran pada PT. Garuda Mataram Motor Audi Center (Audi Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Arif Awaludin NPM 021114223. Analisis Strategi Pemasaran pada PT. Garuda Mataram Motor Audi Center (Audi Indonesia) Skripsi. Jurusan Manajemen Konsentrasi Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan Bapak Ferdisar Adrian, S.E., M.M. dan Bapak Herdiyana, S.E., M.M. Dengan membaiknya kondisi perekonomian tentunya mempengaruhi daya beli terhadap suatu produk. Salah satu yang mempengaruhi terhadap tingkat kenaikan pertumbuhan perekonomian Indonesia adalah salah satunya meningkatnya permintaan terhadap mobil premium. Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi seharusnya mampu dimanfaatkan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualannya karena peluangnnya terbuka lebar. Tetapi nyatanya penjualan perusahaan menurun dalam empat tahun terahir. Ini terbanding terbalik dengan penjualan kompetitor yang justru meningkat dan permintaan akan mobil premium meningkat. Berdasarkan maksud penjelasan diatas, dilakukan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan untuk mendeskripsikan keterkaitan strategi pemasaran pada PT Garuda Mataram Motor Audi Center (Audi Indonesia) sehingga permasalahan yang ada diharapkan dapat terpecahkan dan diselesaikan.untuk mengetahui penyebab penurunan penjualan dalam tiga tahun terahir, mengetahui trend pasar otomotif mobil premium, mengetahui tingkat persaingan otomotif mobil premium, dan mengaplikasikan strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguraikan karakteristik atau sifat-sifat tentang suatu keadaan pada waktu tertentu dan pada populasi tertentu. Penelitian deskriptif tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu melainkan hanya menggambarkan “apa adanya” mengenai suatu variabel, gejala atau keadaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa studi kasus mengenai kesesuain antara fakta/realisasi/pelaksanaan dengan teori/konsep /peraturan pada lokasi penelitian mengenai strategi pemasaran pada PT. Garuda Mataram Motor Audi Center (Audi Indonesia). Hasil analisis strategi pemasaran PT. Garuda Mataram Motor Audi Center (Audi Indonesia) dapat diperoleh Berdasarkan hasil matriks EFE diperoleh pada PT. Garuda Mataram Motor Audi Center (Audi Indonesia) dengan skor 2.938. Sedangkan faktor yang menjadi ancaman utama yang harus diwaspadai adalah Pertumbuhan pangsa pasar kompetitor dengan skor 0.384. Berdasarkan matriks IFE kekuatan yang harus dipertahankan adalah kualitas produk baik dengan skor 2.734, sedangkan kelemahannya adalah Brand awareness mobil Audi masih kalah dibandingkan dengan kompetitor 0.198. Berdasarkan matriks BCG PT. Garuda Mataram Motor (Audi Center) Audi Indonesia berada pada posisi Cash Cow. Berdasarkan matriks IE, PT. Garuda Mataram Motor (Audi Center) Audi Indonesia berada pada kuadran V yaitu berarti harus melakukan strategi menjaga dan mempertahankan. Perusahaan bisa mengembangkan strategi agresif dengan melakukan tambahan investasi. Berdasarkan matriks SWOT, strategi SO yaitu Mengoptimalkan saluran distribusi yang ada dalam penyampaian produk dari produsen ke konsumen. Strategi WO yaitu Mengoptimalkan situs web-site untuk kegiatan promosi, Membuka tempat pelayanan service baru. Strategi ST yaitu Meningkatkan mutu produk dan pelayanan, Mempertahankan hubungan yang baik dengan para konsumen. Sedangkan strategi WT yaitu Meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jadi dapat disimpulkan bahwa industri otomotif mobil premium di Indonesia terus tumbuh. PT. Garuda Mataram Motor Audi Center (Audi Indonesia) harus menambah showroom, serta menambah tempat pelayanan service yang baru bagi Audi Indonesia. Kata Kunci : Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 22 Oct 2022 06:15
Last Modified: 22 Oct 2022 06:15
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5877

Actions (login required)

View Item View Item