Analisis Strategi Customer Relationship Management (CRM) dalam Menjalin Hubungan dengan Pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor

Shantini, Blesscha Auria and SATRIANI, IMANI and Alamsyah, Feri Ferdinan (2021) Analisis Strategi Customer Relationship Management (CRM) dalam Menjalin Hubungan dengan Pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, universitas pakuan.

[img] Text
Blesscha Auria Shantini_044116208 - Blesscha Auria Shantini-1-5.pdf

Download (549kB)

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) adalah usaha sebuah perusahaan untuk menjaga konsumen dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi konsument baik lewat telepon, email, masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staff sales dan marketing. Serta strategi CRM dalam bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efeknf bisa mengelola hubungan dengan para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Customer Relationship Management (CRM) PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor dalam menjalin hubungan jangka panjang yang baik dengan pelanggan dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi humas PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor dalam proses terlaksananya strategi CRM. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Jenis dan sumber data menggunakan data primer, data sekunder. Teknik dan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan kondensi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan, PDAM Tina Kahuripan menerapkan 3 tataran strategi Customer Relationship Management (CRM) CRM strategis yang terfokus pada pelayanan pelanggan. PDAM Tirta Kahuripan melakukan pembagian tugas atau job description yang terbagi sesua peran dan tugasnya serta budaya organisasi service excellent yaitu senyum, salam, sapa Pada CRM Operasional dengan melakukan pemasaran dan promosi melalui media sosial dan adanya otomatisasi layanan yaitu melayani pelanggan secara langsung maupun melalui media sosial atau contact center untuk menangani keluhan pelanggan. Serta pada CRM Analitis dengan membuat database khusus pelanggan yang bertujuan untuk menyimpan data laporan keluhan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:46
Last Modified: 17 Nov 2022 07:18
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5895

Actions (login required)

View Item View Item