Septian Laksana, Andika and Siswajanthy, Farahdinny and Sjofjan, Lindryani (2022) Analisis Yuridis Tanggung Jawab Bank Atas Kelalaian Terhadap Hilangnya Dokumen Jaminan Barang Agunan Kredit Milik Nasabah. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Cover.pdf Download (574kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (600kB) |
|
Text
Daftar Pustaka (2).pdf Download (2MB) |
Abstract
Dalam melakukan aktivitasnya bank perlu melaksanakan prinsip kehati-hatian untuk menjalankan aktivitasnya yang sehat yang mana disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Bank sebagai Lembaga Jasa Keuangan yang menjunjung tinggi prinsip kehati-hatian dalam menjalankan usahanya tidak pernah luput dari kesalahan dan kelalaian di dalam menjalankan kegiatan usahanya yang mengakibatkan pihak nasabah mengalami kerugian atas objek yang dijaminkan pada bank mengalami kehilangan, Seperti pada kasus Putusan Nomor. 125/PDT.G/2017/PN.BOGOR. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jawaban mengenai bagaimana bentuk pertanggungjawaban bank terhadap barang jaminan agunan milik nasabah yang hilang, bagaimana penerapan prinsip kehati-hatian bank dalam menjaga dan melindungi documen dan asset-asset milik nasabah, Factor penghambat tanggung jawab bank terhadap hilangnya barang jaminan milik nasabah, dan bagaimana upaya penyelesaian yang dapat ditempuh oleh nasabah. Jenis penelitian ini adalah kombinasi antara penelitian hukum Normatif dan Empiris, dengan sifat penelitian jenis deskriptif analisis, sedangkan technik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan (library search) dan penelitian lapangan (field research) dan pengolahan data diolah secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pihak bank bertanggungjawab terhadap hilangnya barang jaminan agunan kredit milik nasabah sebagaimana telah diatur didalam Pasal 1157 KUHPerdata dan bentuk yang diberikan pihak bank adalah menerbitkan kembali surat agunan yang hilang. Bank dalam menjaga dan melindungi documen serta aset-aset milik nasabah yang sebagaimana diatur didalam POJK Nomor 42/POJK.03/2017 tentang Kewajiban Penyusunan dan Pelaksanaan Kebijakan Perkreditan atau Pembiayaan Bank bagi Bank umum Bab VA Poin (3) Penyimpanan dan Penggunaan Dokumen Kredit atau Pembiayaan Setiap dokumen Kredit atau Pembiayaan harus disimpan dengan aman dan tertib. Faktor penghambat dalam memberikan tanggung jawabnya kepada nasabah adalah nilai kompensasi yang diberikan tidak sebanding dari nilai jaminan yang hilang, dampak kerugian yang besar bagi nasabah kedepanya, nilai harga jual akan mengalami penurunan atau kemerosotan. Upaya penyelesaian yang dapat ditempuh oleh nasabah adalah nasabah dapat mengajukan kerugian kepada pihak PUJK atas kerugian yang dialami, apabila nasabah kurang puas terhadap PUJK, nasabah dapat menyelesaikan melalui jalur Non-litigasi atau Litigasi (pengadilan).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Hukum > Hukum Perdata > Perbankan Fakultas Hukum > Hukum Perdata > Hukum Jaminan Fakultas Hukum > Hukum > Pertanggungjawaban |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNPAK |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 01:50 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 01:50 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5915 |
Actions (login required)
View Item |