Hubungan Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Cafe Abba Bogor)

Wijaya, Sandy Retno Eko and Herdiyana, Herdiyana and Hayati, Yetty Husnul (2018) Hubungan Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Cafe Abba Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI SANDY RETNO EKO WIJAYA (021114097).pdf

Download (2MB)

Abstract

SANDY RETNO EKO WIJAYA. NPM 021114097. Hubungan Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Cafe Abba Bogor). Dibawah bimbingan Bapak HERDIYANA dan Ibu YETTY HUSNUL HAYATI. Tahun 2018. Perkotaan merupakan tempat yang paling dituju oleh para pembisnis untuk menciptakan usahanya, karena jumlah penduduk di perkotaan yang cukup padat sehingga rutinitas peduduk tersebut cukup tinggi. Kota merupakan salah satu ikon yang sering dijumpai oleh masyarakat. Salah satu kota yang dikenal dengan ciri khasnya yaitu kota Bogor, kota yang dijuluki dengan sebutan kota hujan. Wali kota Bogor mengatakan, di akhir pekan kota Bogor selalu menjadi tempat favorit ke dua setelah Bandung untuk berwisata kuliner dengan jumlah pengunjung mencapai 400 ribu orang. (www.kotabogor.co.id). Hal tersebut menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup besar bagi para pembisnis kuliner untuk mendirikan usaha khususnya usaha dibidang kuliner di kota Bogor. Salah satunya yaitu Cafe Abba Bogor. Untuk menentukan keberhasilan suatu usaha dan peangaruh konsumen terhadap keuntungan yang dapat diperoleh Cafe Abba Bogor, Cafe Abba Bogor harus memahami dan memperhatikan keinginan konsumen yang berdampak pada jumlah pengunjung Cafe Abba Bogor. Salah satunya dengan memberikan Kualitas Produk, jika produk yang tawarkan tersebut sesuai dengan harapan maka konsumen akan merasa puas dan senang, konsumen akan datang kembali ke Cafe Abba untuk terus melakukan pembelian, karena kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas dari produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen yang datang ke Cafe Abba Bogor. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, penentuan sampel dengan menggunakan metode Accidental Sampling dengan jumlah responden 265 responden. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, korelasi spearman rank, dan uji hipotesis koefisien korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa dari hasil tanggapan responden mengenai kualitas produk Cafe Abba Bogor dilihat dari hasil pengumpulan data, maka dapat diketahui bahwa hasil rata-rata tanggapan responden variabel kualitas produk memiliki rata-rata tanggapan responden sebesar 74,59% dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60% - 80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk Cafe Abba Bogor baik dan berdasarkan hasil rata-rata tanggapan responden variabel kepuasan konsumen memiliki rata�rata tanggapan responden sebesar 70,66% dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60% - 80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumen puas terhadap Cafe Abba Bogor. Berdasarkan hasil analisis koefisien Spearman Rank dapat diketahui korelasi antara Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen yaitu sebesar 0,688. Karena nilai koefesien berada pada rentang 0,60 – 0,799 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen mempunyai hubungan yang kuat. Dalam hal uji hipotesis koefesien korelasi menunjukan bahwa berdasrkan tingkat signifikan diketahui bahwa nilai signifikasinya 0,00 < 0,05 hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Cafe Abba Bogor) yang signifikan dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif terbukti. Kata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 04 Nov 2022 06:57
Last Modified: 04 Nov 2022 06:57
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item View Item