Wibowo, Teguh and Zaini, Oktori Kiswati and Pudjawati, Sri (2018) Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Service Motor Honda Pada PT. Kusuma Sejati Inti Prima Tajur Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Skripsi Teguh Wibowo (NPM 0211 12 190).pdf Download (1MB) |
Abstract
TEGUH WIBOWO NPM 021112190 Manajemen Pemasaran. Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Service Motor Honda Pada PT. Kusuma Sejati Inti Prima Tajur Bogor. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan dibawah bimbingan Ketua Komisi Pembimbing Oktori Kiswati Zaini dan Anggota Komisi Pembimbing Sri Pudjawati tahun 2018. PT. Kusuma Sejati Inti Prima Tajur Bogor merupakan dealer resmi penjualan dan servis motor merek Honda yang juga melayani klaim terhadap garansi motor Honda, pada tahun 2015-2016 secara rata-rata mengalami penurunan jumlah pelanggan diduga kurangnya kualitas pelayanan dan meningkatnya jumlah keluhan. Penurunan jumlah pelanggan servis motor tersebut tentunya menjadi masalah bagi Bengkel PT. Kusuma Sejati Inti Prima. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan servis motor Honda, untuk menganalisis kualitas pelayanan dan menganalisis seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan servis motor Honda. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dengan 260 responden dengan metode penarikan metode accidental sampling, instrumen utama penelitian ini adalah kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya, metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus analisis deskriptif dan koefisien korelasi rank spearman dengan menggunakan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan rata-rata tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan pada PT. Kusuma Sejati Inti Prima Tajur Bogor sebesar 80,69% dimana rata-rata tersebut berada pada interval (80-100), sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan pada PT. Kusuma Sejati Inti Prima Tajur Bogor Sangat Baik. Sedangkan tanggapan responden mengenai kepuasan pelanggan PT. Kusuma Sejati Inti Prima Tajur Bogor sebesar 79,94% dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60-80), sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan pada PT. Kusuma Sejati Inti Prima Tajur Bogor Puas. Hasil analisis korelasi rank spearman antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan yaitu sebesar 0,979. Karena nilai koefisien korelasi berada pada rentang (0,80-1,00) maka dapat disimpulkan bahwa hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan pada PT. Kusuma Sejati Inti Prima Tajur Bogor adalah Sangat Kuat. Dari hasil uji hipotesis koefisien korelasi menunjukan bahwa tingkat signifikansi 0,00<0,05 hal itu menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan yang signifikan pada PT. Kusuma Sejati Inti Prima Tajur Bogor. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 07:02 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 07:02 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5934 |
Actions (login required)
View Item |