Analisis Efektivitas Media Promosi (Studi Kasus Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor)

Aurelia, Novesha Fernanda and Adrian, Ferdisar and Irawan, Arie Wibowo (2018) Analisis Efektivitas Media Promosi (Studi Kasus Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi_Novesha Fernanda Aurelia.pdf

Download (888kB)

Abstract

NOVESHA FERNANDA AURELIA, NPM 021114203. Analisis Efektivitas Media Promosi (Studi Kasus Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor). Dibawah bimbingan Bapak Ferdisar Adrian dan Bapak Arie Wibowo Irawan. Tahun 2018. Dunia pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, Saat ini pendidikan seseorang dituntut lebih tinggi lagi untuk memasuki dunia kerja yang semakin ketat persaingannya. Perguruan Tinggi memiliki peran strategis dalam mempersiapkan masyarakat untuk mengaktualisasikan potensi yang ada agra siap untuk diaplikasikan dalam dunia kerja. Perguruan tinggi di Indonesia sudah semakin banyak, hal tersebut menjadikan persaingan antar perguruan tinggi di Indonesia semakin ketat dalam memperebutkan calon mahasiswa baru. Terutama untuk perguruan tinggi negeri yang memiliki banyak peminat namun kuotanya terbatas. Dengan adanya keterbatasan jumlah calon mahasiswa setiap program studi yang disediakan oleh perguruan tinggi negeri menyebabkan calon mahasiswa yang tidak lulus masuk perguruan tinggi negeri beralih ke perguruan tinggi swasta. Hal ini menjadi peluang bagi perguruan tinggi swasta yang ingin memberikan pelayanan pendidikan kepada calon mahasiswa yang tidak lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Namun, saat ini perguruan tinggi swasta sudah mendominasi di berbagai daerah. Banyaknya jumlah perguruan tinggi swasta di Indonesia dan calon mahasiswa yang lebih selektif dalam memilih perguruan tinggi swasta membuat persaingan antar perguruan tinggi swasta pun semakin ketat. Ketatnya persaingan, membutuhkan usaha yang keras bagi perguruan tinggi untuk mendapatkan calon mahasiswa dan mempertahankan yang sudah ada. Keberhasilan usaha tersebut salah satunya ditentukan oleh kemampuan perguruan tinggi tersebut dalam melakukan komunikasi yang efektif terhadap mahasiswa atau calon mahasiswa. Universitas Pakuan merupakan salah satu pemain perguruan tinggi swasta di Kota Bogor Salah satu fakultas yang cukup dikenal dan diminati oleh masyarakat adalah Fakultas Ekonomi. Namun, ketatnya persaingan antar perguruan tinggi swasta di Kota Bogor menjadikan Fakultas Ekonomi dalam pelaksanaan kegiatannya tidak hanya pasif menunggu para calon mahasiswa datang ke fakultas untuk mencari informasi, melainkan Fakultas Ekonomi gencar melakukan promosi untuk memperkenalkan serta memberikan informasi secara langsung mengenai fakultasnya, dari berbagai bentuk promosi yang telah dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan belum diketahui berapa tingkat efektivitas media promosi tersebut. Karena dengan mengetahui berapa tingkat efektivitas media promosinya, maka bentuk promosi dengan tingkat efektivitas tinggi akan dipertahankan dan yang masih kurang dapat lebih ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas media promosi Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, penentuan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden 250 orang. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis tabulasi silang (crosstabs). Berdasarkan hasil analisis deskriptif dari total rata-rata tanggapan responden efektivitas media promosi sebesar 72,98%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (50%-75%) yaitu berada pada daerah setuju mengenai pernyataan konten efektivitas media promosi yang terdiri dari attention, interest, desire, dan actionℎ. Berdasarkan hasil analisis tabulasi silang terdapat dua pernyataan menunjukkan adanya hubungan nyata yang dengan media promosi yang digunakan ditunjukkan dari nilai > , pernyataan tersebut yaitu informasi yang memudahkan responden untuk mendapatkan manfaat yang didapat dalam konten media promosi dengan nilai sebesar 27,081 dan media promosi sebagai bahan pertimbangan dalam memilih Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan dengan nilai sebesar sebesar 37,209. Kata Kunci : Efektivitas, Media Promosi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 04 Nov 2022 06:57
Last Modified: 04 Nov 2022 06:57
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5956

Actions (login required)

View Item View Item