Analisis Kualitas Pelayanan dan Services capes Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus pada Tata Usaha dan Lingkungan Pelayanan di Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan).

Patmawati, Patmawati and Adrian, Ferdisar and Irawan, Arie Wibowo (2018) Analisis Kualitas Pelayanan dan Services capes Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus pada Tata Usaha dan Lingkungan Pelayanan di Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi_Patmawati_(0211-14-512)[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

PATMAWATI, NPM 021114512, Manajemen Pemasaran, Analisis Kualitas Pelayanan dan Servicescapes Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus pada Tata Usaha dan Lingkungan Pelayanan di Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan). Ketua Komisi Pembimbing FERDISAR ADRIAN dan Anggota Komisi Pembimbing ARIE WIBOWO IRAWAN. Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan, Tahun 2018. Universitas Pakuan merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Kota Bogor, yang saat ini memiliki 6 Fakultas salah satunya Fakultas Ekonomi. Fakultas Ekonomi merupakan salah satu Fakultas yang banyak diminati, akan tetapi pada Tahun Ajaran 2015/2016– 2017/2018 Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan mengalami penurunan jumlah peminat dan masih adanya keluhan mahasiswa/i dalam memberikan pelayanan. Penurunan ini disebabkan karena salah satu faktor Kualitas Pelayanan dan Servicescapes pada tata Usaha dan Lingkungan Pelayanan di Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan belum mengacu pada mutu kualitas pelayanan yang maksimal. Sehingga Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan harus segera mengambil tindakan dan mencari strategi yang baik guna memenangkan persaingan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan dan Servicescapes Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus pada Tata Usaha dan Lingkungan Pelayanan di Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan). Penelitian ini mengenai Analisis Kualitas Pelayanan dan Servicescapes Terhadap Kepuasan Mahasiswa. dengan menggunakan data primer dan data sekunder, populasi yang digunakan adalah Mahasiswa/i Aktif Program Studi Manajemen & Akuntansi Tahun Ajaran 2015/2016–2017/2018 berjumlah 1.966 Mahasiswa/i, sampel penelitian diambil menggunakan rumus slovin dengan presisi 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 335 Mahasiswa/i, dengan teknik Stratified Random Sampling metode analisis yang digunakan yaitu adalah analisis deskriptif, dan metode Importance Performance Analysis (IPA) dengan dilengkapi menggunakan bantuan SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan dan Servicescapes yang di berikan oleh Tata Usaha dan Lingkungan Pelayanan di Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan yaitu sangat baik, dengan hasil presentase rata-rata 90,80%, selanjutnya pada hasil tingkat kepuasan antara tingkat kinerja dan tingkat harapan Mahasiswa/i menunjukan rata-rata presentase sebesar 97,69%, artinya Mahasiswa/i masih belum merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Tata Usaha dan Lingkungan Pelayanan di Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Serta dari hasil perhitungan Importance Performance Analysis (IPA) yang di gambarkan di dalam diagram kartesius dan ini menjadi saran untuk Fakultas Ekonomi terutama pada kepuasan mahasiswa/i kedepannya Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan harus lebih mengutamakan pelaksanana pada indikator petugas tata usaha selalu bersikap ramah dan sopan ketika memberikan dan melayani kebutuhan mahasiswa/i, petugas tata usaha ramah dan selalu memberikan senyuman saat memberikan pelayanan kepada mahasiswa/i, kondisi ruang kelas saat belajar tidak ada suara yang bising, peralatan belajar (infocus, penghapus, speaker, dll) di dalam kelas lengkap, dan jumlah kursi yang tersedia di dalam kelas sudah cukup. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Servicescapes, Kepuasan Mahasiswa, Importance Performance Analysis (IPA)/ Diagram Kartesius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 04 Nov 2022 06:57
Last Modified: 04 Nov 2022 06:57
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5957

Actions (login required)

View Item View Item