Analisis Citra Merek Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Pakuan.

Mulandari, Noni Indah and Adrian, Ferdisar and Irawan, Arie Wibowo (2018) Analisis Citra Merek Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Pakuan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
skripsi-noni indah m.021114555.pdf

Download (2MB)

Abstract

NONI INDAH MULANDARI. 021114555. Analisis Citra Merek Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Pakuan. Di Bawah Bimbingan FERDISAR ADRIAN dan ARIE WIBOWO IRAWAN. 2018. Perkembangan jumlah perguruan tinggi di Bogor yang sangat pesat, menimbulkan persaingan perguruan tinggi di Bogor menjadi sangat ketat. Dengan ketatnya persaingan, konsumen menjadi semakin memiliki banyak pilihan sehingga harus diterapkan strategi yang tepat untuk tetap menjadi pilihan prioritas dari para konsumen. Apalagi di Bogor sendiri ada beberapa perguruan tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta maupun Sekolah Tinggi. Adanya penurunan jumlah mahasiswa baru Universitas Pakuan dan beberapa kemungkinan pengaruh dari fungsional, simbolik dan eksperiental yang mana ketiga indikator tersebut adalah indikator dari citra merek menjadi dasar bagi perguruan tinggi untuk mengetahui penyebab penurunan tersebut serta identifikasi permasalahan agar dapat dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kembali citra perguruan tinggi, sehingga diharapkan tidak terjadi lagi penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh citra merek terhadap keputusan mahasiswa memilih Universitas Pakuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Verifikatif dengan metode Explanatory Survey. Teknik penelitian yang digunakan yaitu Statistik Inferensial. Populasi penelitian ini meliputi para mahasiswa baru Universitas Pakuan. Sampel penelitian sebanyak 360 responden yang diperoleh dengan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, observasi dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, rumus tanggapan responden dan uji tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek yang dominan mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih Universitas Pakuan adalah memiliki dosen profesional merupakan faktor yang dominan dari indikator fungsional. Hal ini memberikan pertimbangan bagi pihak Universitas Pakuan agar dapat meningkatkan jumlah dosen profesional dimana mampu berkomunikasi dengan baik, menguasai materi pembelajaran dan mempunyai cara mengajar yang efektif. Kemudian meningkatkan kualitas dosen Universitas Pakuan dengan mengikutsertakan dosen dalam workshop, seminar dan acara diluar kampus sehingga menambah bekal dan pengalaman dosen dalam proses belajar mengajar.Dari hasil pembahasan diketahui bahwa mahasiswa memilih Universitas Pakuan melihat dari citra Universitas Pakuan yang telah terbentuk dimasyarakat dan juga Universitas Pakuan dikenal sebagai Universitas swasta terkemuka di kota Bogor. Dari hasil pembahasan diketahui bahwa kenyamanan dalam proses pembelajaran yang dirasakan oleh mahasiswa menjadi sangat penting mengigat bahwa proses pembelajaran yang efektif akan menghasilkan lulusan yang dapat bersaing didunia kerja. Kata kunci: Citra Merek dan Keputusan Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 04 Nov 2022 06:58
Last Modified: 04 Nov 2022 06:58
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5962

Actions (login required)

View Item View Item