PENGGUNAAN MEDIA WALL CHART DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAJURHALANG KABUPATEN BOGOR

DEWI, PUSPITA (2022) PENGGUNAAN MEDIA WALL CHART DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAJURHALANG KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Siti Nurjanah 037115246.pdf

Download (4MB)

Abstract

Puspita Dewi 2022: “Penggunaan media Wall Chart dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tajurhalang Kabupaten Bogor”. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Wall Chart dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tajurhalang Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan teknik tes, observasi dan angket. Sampel penelitian sebanyak 78 siswa, kelas VIII-8 berjumlah 39 siswa kelas eksperimen dan kelas VIII-9 berjumlah 39 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama terbukti bahwa media Wall Chart dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita. Dapat dibuktikan dengan diperoleh data (prates) kelas eksperimen nilai rata-rata 56 kemampuan kurang mampu, sedangkan hasil (pascates) di kelas eksperimen mengalami peningkatan sangat mampu dengan rata-rata nilai 86. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan membandingkan hasil kedua kelas digunakan rumus t-tes, diperoleh data harga Thitung = 5,38 dan d.b = 76, selanjutnya dilakukan pengetesan satu skor pada nilai “t”. Nilai d.b tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b yang mendekati, yaitu d.b. 70 dan diperoleh harga t0,01 = 2,64 dan harga t0,05 = 1,99. Maka, Thitung jauh lebih besar dari pada Ttabel atau harga Thitung signifikan karena nilai Ttabel < Thitung, yaitu 1,99 < 5,38 > 2,64. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami siswa dalam menulis teks berita. Berdasarkan hasil angket, sebanyak 39 siswa persentase 10% dikatakan sebagian kecil mengalami kendala saat menentukan ide atau gagasan, 4 siswa dengan persentase 10% mengalami kendala saat menentukan judul, 5 siswa dengan persentase 13% mengalami kendala saat menyusun lead, 9 siswa dengan persentase 23% mengalami kendala dalam menentukan diksi, 8 siswa dengan persentase 21% mengalami kendala dalam memahami masalah yang diberi oleh guru dan 8 siswa dengan persentase 21% mengalami kendala saat memecahkan masalah yang diberi. Dengan demikian, penggunaan media Wall Chart dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:00
Last Modified: 04 Nov 2022 07:00
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5980

Actions (login required)

View Item View Item