PENERAPAN FINITE STATE MACHINE PADA GAME ADVENTURE UNTUK EDUKASI PENGENALAN MUSIK CAMPURSARI

Candra Darmawan, Kiki and Setyaningsih, Sri and Erniyati (2020) PENERAPAN FINITE STATE MACHINE PADA GAME ADVENTURE UNTUK EDUKASI PENGENALAN MUSIK CAMPURSARI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Finite State Machine adalah sebuah metodologi perancangan system kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut : State (keadaan), event (kejadian), dan action (aksi). Pada penelitian ini dibuat game berjudul “ Penerapan Finite State Machine Pada Game Adventure Untuk Edukasi Pengenalan Musik Campursari”. Sebuah game ber genre petualangan untuk edukasi mengenalkan alat musik campursari. Menggunakan metode FSM (Finite State Machine) yang diterapkan kedalam otak lawan pemain, NPC (non playable character) campursari, gem dan kunci yang bertujuan untuk mendukung game tersebut dengan menerapkan kecerdasan buatan didalamnya.Game ini merupakan sebuah game berbasis android dengan grafis 2 dimensi, Pengembangan game menggunakan tools Construct 2 dan Bahasa pemograman HTML5. Hasil dari penelitian ini diharapkan membantu pembelajaran untuk pengenalan alat musik campursari dikalangan masyarakat dengan menggunakan metode finite state machine yang diterapkan kepada NPC (non playable character) untuk mengetahui informasi apa saja mengenai alat musik campursari Kata kunci—Game Edukasi, Finite State Machine, Construct 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Ilmu Komputer
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNPAK
Date Deposited: 25 Aug 2022 12:35
Last Modified: 03 Sep 2022 17:35
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/599

Actions (login required)

View Item View Item