PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH BIOLOGI

Novalia Putri Utami, Intan (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH BIOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSIII INTAN NOVALIA P U 036114053.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK INTAN NOVALIA PUTRI UTAMI. 036114053. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Biologi SMA Asyuja’iyah Nagrak Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si. dan Suci Siti Lathifah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah (KPM) menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X di SMA Asyuja’iyah Nagrak Bogor dengan materi keanekaragaman hayati. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. Populasi penelitian adalah kelas X di SMA Asyuja’iyah Nagrak Bogor tahun akademik 2017/2018. Sampel digunakan kelas X MIPA A diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan jumlah 40 siswa. Kelas X MIPA B diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 40 siswa. Hasil penelitian siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Konvensional lebih rendah dalam pencapaian KPM dengan rata-rata N-Gain 41,95, sedangkan kelompok kelas model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi dalam pencapaian KPM dengan rata-rata N-Gain 49,40. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05, diperoleh thitung 4,028 sedangkan ttabel sebesar 1,994 sehingga didapatkan bahwa nilai thitung > ttabel, maka HO ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan terdapat perbedaan KPM antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Discovery Learning. Diantara kedua model tersebut, model pembelajaran Discovery Learning lebih memperlihatkan pengaruh signifikan terhadap KPM. Kata Kunci: Model pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Memecahkan Maasalah Biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:01
Last Modified: 04 Nov 2022 07:01
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6000

Actions (login required)

View Item View Item