PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Kausal Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Kemang 01 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

Lutfia, Luli (2021) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Kausal Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Kemang 01 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI HARDCOVER LULI LUTFIA FIX BANGET-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Luli Lutfia 037116112 Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2021. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa. populasi dalam penelitian ini siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Kemang 01 yang terdiri dari 101 siswa kemudian dijadikan sampel sebanyak 60 responden. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas diperoleh Lhitung = 0,020. Harga tersebut lebih kecil dibandingkan dengan harga Ltabel = 0,125 pada taraf ᵅ = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0Lhitung < Ltabel berarti data tersebut normal. Kemudian dilakukan pengujian homogenitas diperoleh Fhitung sebesar 1,59 dan taraf signifikansi ᵅ = 0,05 diperoleh Ftabel sebesar 4,04 dengan Fhitung < Ftabel berarti data yang digunakan homogen. Data yang dinyatakan normal dan homogeny digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 47,85 + 0,48 (X), hasil penelitian ini ditunjukan dengan analisis statistic yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,64. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 39,04 %. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 47,85 + 0,48(X), yang berarti setiap kenaikan unit pola asuh orang tua menyebabkan kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 0,48 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa kelas III Di Sekolah Dasar Negeri Kemang 01 Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2020/2021. Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:25
Last Modified: 11 Nov 2022 02:25
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6012

Actions (login required)

View Item View Item