PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi Ini Dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Benteng Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Putri, Lismaulida Setiadi (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi Ini Dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Benteng Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Lismaulida Setiadi Putri 037113092.pdf

Download (4MB)

Abstract

Lismaulida Setiadi Putri, NPM. 037113092. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Benteng Kabupaten Sukabumi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor. 2017. Penelitian ini merupakan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), serta dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Benteng Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Benteng Kabupaten Sukabumi sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian kualitas proses pembelajaran pada siklus I sebesar 69,52, siklus II sebesar 78,33, dan siklus III sebesar 91,19. Sedangkan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan pada sikap berupa disiplin, kerja sama dan tanggung jawab siswa dengan memperoleh nilai pada siklus I yaitu 64,12, siklus II memperoleh nilai 81,61, dan siklus III memperoleh nilai 93,67. Lalu hasil observasi keterampilan siswa menunjukkan adanya peningkatan dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 68,99, pada siklus II 83,37, dan pada siklus III 92,14. Begitu pula dengan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai 64,4 atau ketuntasan belajar sebesar 57,89%, sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata 67,19 atau ketuntasan belajar sebesar 73,68%, dan siklus III memperoleh nilai 81,40 atau ketuntasan belajar sebesar 89,47%, artinya penelitian berhasil. Berdasarkan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament dapat memperbaiki proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Benteng Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Selain itu, penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan perilaku yaitu disiplin, kerjasama, tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif TGT, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:32
Last Modified: 11 Nov 2022 01:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6022

Actions (login required)

View Item View Item