Pandani, Amalia Septian (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA 1 KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri 2 Cikidang Kabupaten Sukabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Skripsi Amalia 037117075 Hardcover.pdf Download (6MB) |
Abstract
Amalia Septian Pandani. 037117075. Pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia“. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri 2 Cikidang Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi yang terdiri dari 66 Siswa, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Hal ini terlihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 71, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 47. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 100% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 88%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (6,9204) > ttabel (1,9966). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Hasil belajar, Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 01:32 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 01:32 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6032 |
Actions (login required)
View Item |