HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Korelasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukamaju 07 Kab Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021)

Ameliana, Tanti (2021) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Korelasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukamaju 07 Kab Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
null.docx

Download (3MB)

Abstract

Tanti Ameliana. 037116116. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2020.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar. Uji validitas Kemandirian Belajar dan Kepercayaan Diri menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Person dan untuk reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B Sekolah Dasar Negeri Sukamaju 07 berjumlah 62 siswa. Sampel yang diambil 38 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Belajar. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan daam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 25,92 + 0,61 X dengan harga Fhitung sebesar 54,296 lebih besar dari Ftabel dengan taraf 0,05 sebesar 4,20 dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,81. Maka dari itu dari data yang di peroleh ditemukan hubungan yang sangat kuat antara Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Belajar dilihat dari hasil perhitungan yang sudah di akumulasikan. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Belajar pada siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Sukamaju 07 Semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 Kata kunci : Kemandirian Belajar, Kepercayaan Diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:24
Last Modified: 11 Nov 2022 02:24
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6036

Actions (login required)

View Item View Item