PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibarusah Jaya 04 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022

Sulastri, Dewi (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibarusah Jaya 04 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi revisi Dewi Sulastri.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dewi Sulastri. 037117063. Pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman“. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Cibarusah Jaya 04 yang terdiri dari 72 Siswa, penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman. Hal ini terlihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 80, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 71. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 92% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 56%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,9785) > ttabel (1,9944). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar serta membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efesien. Kata Kunci : Hasil belajar, Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:38
Last Modified: 11 Nov 2022 01:38
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6039

Actions (login required)

View Item View Item