PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU Studi Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup pada Peserta Didik Kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Tegal 04 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023

Azzahra, Rachmafadia (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU Studi Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup pada Peserta Didik Kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Tegal 04 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Rachmafadia Azzahra.pdf

Download (11MB)

Abstract

Rachmafadia Azzahra, 037118158. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan, dan Ilmu Penddikan, Universitas Pakuan, 2022. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan kelebihan hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal 04 kabupaten Bogor Kelas IV A dan IV B pada bulan Juli semester Ganjil. Perhitungan N-Gain model Problem Based Learning sebesar 60 dengan kriteria sedang, nilai N-Gain model konvensional sebesar 59 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas control dengan model konvensional. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji liliefors kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung < Ltabel yaitu 0,113 < 0,154, pada kelompok kelas konvensional didapat nilai Lhitung < Ltabel yaitu 0,111 < 0,159. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena Fhitung < Ftabel yaitu 1,258 < 1,829, yang menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) diterima, dan Ha (hipotesis alternatif) ditolak. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan hasil thitung sebesar 1,998 dan ttabel sebesar 4,541, yang artinya thitung tidak terletak diantara -1,998 < thitung < ttabel, hal itu menunjukan H0 ditolak, dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa Problem Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku. Kata kunci: Problem Based Learning, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:38
Last Modified: 11 Nov 2022 01:38
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6043

Actions (login required)

View Item View Item