PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF EXAMPLE NON EXAMPLE DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi Metode Eksperimen Kuasi di Kelas VA VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017

Pertiwi, Anita (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF EXAMPLE NON EXAMPLE DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi Metode Eksperimen Kuasi di Kelas VA VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Anita Pratiwi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anita Pertiwi.037112399. Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Example Non Example dan Make A Macth Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ilmu Pengetahuan Alam. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2016. Penelitian ini adalah adalah kuantitatif eksperimen quasi. Bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Example Non Example dan Make A Macth Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semplak 2 Kota Bogor Pada Kelas V�A,V-B dan V C bulan Oktober. Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Uji instrmen berupa tes isian sebanyak 22 soal valid dengan koefisien realibilitas sebesar 0,79. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dari ketiga sampel berdistribusi normal karena Lhitung lebih kecil dari Ltabel. Pada uji homogenitas di dapatkan nilai hitung sebesar 1,517 ≤ tabel 5,991. Dan dilakukan uji hipotesis melalui uji t dengan kesimpulan hasil penelitian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternativ (Ha) diterima, maka : 1. Terdapat perbedaan hasill belajar kognitif ilmu pengetahuan alam tentang alat pencernaan manusia melalui Model Pembelajaran Example Non Example dengan nilai N-Gain 38,0 serta ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 85% dan Model Pembelajaran Konvensional memperoleh N-Gain 22,1 dengan ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 70%. Hasil pengujian hopotesis menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima : thitung > ttabel (3,3101 > 1,99495). 2. Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif ilmu pengetahuan alam tentang alat pencernaan manusia melalui model pembelajaran Make A Macth dengan nilai N-Gain 28,0 serta ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 75% dan Model Pembelajaran Konvensional memperoleh N-Gain 22,1 dengan ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 70%. Hasil pengujian hopotesis menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima : thitung > ttabel (2,050 > 1,99444). 3. Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif ilmu pengetahuan alam tentang alat pencernaan manusia melalui Model Pembelajaran Example Non Example dengan nilai N-Gain 38,0 serta ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 85% dan Model Pembelajaran Make A Macth memperoleh N-Gain 22,1 dengan ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 70%. Hasil pengujian hopotesis menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima : thitung > ttabel (2,279 > 1,99834). Dari ketiga model pembelajaran yang di gunakan yang paling efektif adalah model pembelajaran kooperatif snowball throwing. Kata Kunci : Hasil Belajar Kognitif, Model Pembelajaran Example Non Example, Model Pembelajaran Make A Macth

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:38
Last Modified: 11 Nov 2022 01:38
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6044

Actions (login required)

View Item View Item