PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO CERITA FIKSI TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

Hidayati, Nadhira Nur (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO CERITA FIKSI TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi fix-Nadhira Nur Hidayati.pdf

Download (9MB)

Abstract

Nadhira Nur Hidayati 037118019 Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2022. Penelitian ini dengan jenis penelitian eksperimen quasi desain dua kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku kelas IV melalui penerapan model Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video di kelas eksperimen dan penerapan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor yang terdiri dari 58 peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata N-Gain dan ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 75 dengan ketuntasan hasil belajar 96,5%, sedangkan nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas kontrol yaitu sebesar 54 dengan ketuntasan hasil belajar 86,2%. Hasil uji hipotesis menyatakan H0 ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima karena nilai thitung (5,89887) > ttabel (2,00324) dengan dk 56 dan taraf signifikansi 0,05 (5%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning Berbantuan Media Video terhadap hasil belajar subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata kunci: Problem Based Learning, Video Cerita Fiksi, Hasil Belajar, Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:39
Last Modified: 11 Nov 2022 01:39
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6045

Actions (login required)

View Item View Item