Rahman, Nur (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA BILANGAN DESIMAL Studi deskriptif dengan Penelitian Kualitatif pada siswa di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Rahman Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Skripsi Nur Rahman 037116176.pdf Download (2MB) |
Abstract
Nur Rahman. 037116176. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Bilangan Desimal di Kelas V SDIT Ar- Rahman Bojong Gede, Cibinong, Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020.Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperioleh keabsahan data.Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kesulitan belajar bilangan desimal. (2) Menguraikan cara mengatasi kesulitan belajar bilangan desimal. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika pada bilangan desimal, faktor internal dan faktor eksternal (faktor dari diri anak sendiri dan faktor dari lingkungan seperti keluarga, sekolah, dan teman). (2) Memberikan motivasi atau semangat yang dapat membangkitkan siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 02:17 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 02:17 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6068 |
Actions (login required)
View Item |